Masuknya Starlink Bakal Dorong Operator Lokal Tingkatkan Layanan

Jum'at, 03/05/2024 23:05 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong menilai masuknya perusahaan penyedia jasa telekomunikasi asal Amerika Serikat Starlink ke Indonesia akan mendorong operator seluler lokal untuk meningkatkan layanan mereka.

"Dengan adanya perusahaan asing masuk, apapun itu, dalam hal ini Starlink, maka ini akan mendorong operator seluler lokal kita meningkatkan layanannya," ujar Usman di Jakarta, Jumat (3/5/2024).

Usman menjelaskan, masuknya Starlink telah melalui kajian yang matang, termasuk dari sisi aspek ekonomi. Salah satu pertimbangan utama adalah apakah kedatangan perusahaan asing tersebut akan mengganggu atau menggerus operator-operator lokal yang sudah ada di Indonesia.

"Tentu ini sudah melalui kajian dan ini kita tata supaya kompetisinya itu dalam istilah ekonomi bukan persaingan sempurna. Kalau persaingan sempurna biasanya itu ada yang tewas. Tapi kalau persaingan ditata dengan baik maka yang terjadi adalah kepentingan publik akan diutamakan, pelayanan akan diutamakan," ucapnya.

Usman menegaskan, kompetisi seharusnya tidak dianggap sebagai ancaman, melainkan sebagai peluang untuk meningkatkan kualitas layanan.

Adapun penataan kompetisi bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya penataan lokasi. Starlink, kata dia, bisa melayani di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan daerah-daerah yang belum terjangkau internet di Indonesia.

Berdasarkan perhitungan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), saat ini baru 78,9 persen penduduk Indonesia yang memiliki akses ke internet. Artinya, masih ada sekitar 21 persen masyarakat yang belum terjamah akses telekomunikasi tersebut.

"Berarti masih ada 21 sekian (persen). Nah 21 (persen) ini ada di mana orang-orang ini? Bisa di situ Starlink akan masuk," ujar dia.

Usman menekankan agar operator seluler lokal tidak perlu takut atau khawatir terhadap kompetisi yang akan terjadi dengan masuknya Starlink ke Indonesia.

Apabila tidak ada kompetisi, hal tersebut justru akan menimbulkan praktik monopoli yang bisa membuat iklim Industri menjadi tidak berkembang.

"Kalau monopoli itu di zona aman namanya, kita tidak berkembang, tidak berubah. Jadi jangan khawatir ya karena pemerintah akan menata persaingannya seperti apa dan yang kedua persaingan itu akan meningkatkan pelayanan," ucap dia.

TERKINI
Video CCTV Beredar, Fans Jijik dengan Aksi Kekerasan Sean Diddy Combs terhadap Cassie Ventura Cassie Ventura `Disiksa` Sean Diddy Combs, Inilah Fakta Tuduhan Pelecehan Seksual Selama Satu Dekade Thiago Motta Galau, Pindah ke Juventus atau Tetap Bertahan di Bologna Pukuli Cassie Ventura, Alex Fine Sindir Sean Diddy Combs `Bukan Seorang Pria`