Protes Kampus Jadi Tantangan Kampanye Terpilihnya Kembali Biden dan Partai Demokrat

Jum'at, 03/05/2024 10:35 WIB

WASHINGTON - Meningkatnya protes di kampus memaksa Presiden AS Joe Biden untuk berhati-hati dalam mengecam antisemitisme sambil mendukung hak anak muda Amerika untuk melakukan protes dan berupaya membatasi dampak politik jangka panjang.

Ketika tindakan keras polisi dan protes balasan menyambut meluasnya demonstrasi di kampus-kampus AS, Biden menghadapi kritik tajam terhadap kebijakan Israelnya baik dari kelompok kiri maupun kanan.

Siswa di puluhan sekolah telah berunjuk rasa atau berkemah dalam beberapa hari terakhir untuk menentang perang Israel di Gaza, menuntut institusi-institusi berhenti melakukan bisnis dengan perusahaan-perusahaan yang mendukung perang tersebut.

Protes atas perang tersebut, dan dukungan kuat Biden terhadap Israel, telah menghantui presiden tersebut sejak akhir tahun lalu dan memecah belah Partai Demokrat. Pada hari Rabu, 57 anggota Partai Demokrat di Kongres meminta Biden untuk menahan bantuan ke Israel dalam upaya menghentikan rencana serangan di Rafah.

Para pembantu senior Biden secara pribadi menolak gagasan bahwa protes atau para pendukungnya dapat merugikan Biden dari Gedung Putih pada pemilihan presiden pada bulan November. Mereka menunjuk pada jumlah peserta yang relatif kecil, dibandingkan dengan sekitar 41 juta pemilih `Gen Z` yang memenuhi syarat pada tahun 2024.

Gedung Putih telah meluncurkan serangkaian kebijakan ramah pemilih muda dalam beberapa hari terakhir, mengeluarkan pengumuman keringanan pinjaman mahasiswa, langkah-langkah yang telah lama direncanakan untuk mengurangi hukuman pidana terhadap ganja dan mengutuk larangan aborsi enam minggu yang mulai berlaku pada hari Rabu di tahun 2018. Florida.

Biden jarang berbicara dan berhati-hati mengenai protes di kampus. “Saya mengutuk protes antisemitisme,” katanya pada tanggal 22 April. “Saya juga mengutuk mereka yang tidak memahami apa yang terjadi dengan rakyat Palestina.”

Tapi, setidaknya selama tahun ajaran masih berlanjut, protes tidak akan berhenti. Partai Republik dan media konservatif memanfaatkan masalah ini untuk mengkritik Biden.

Beberapa anggota Partai Demokrat memperingatkan bahwa para pemilih muda, yang sudah tidak menyukai Biden, bisa meninggalkannya karena memilih Israel.

Lebih dari 34.000 orang tewas di Gaza, kata pejabat setempat, setelah serangan Israel sebagai pembalasan atas serangan Hamas pada 7 Oktober yang menurut Israel menewaskan 1.200 orang.

AS adalah pemasok utama bantuan militer ke Israel dan telah melindungi negara tersebut dari pemungutan suara penting di PBB.

Penelitian tim kampanye Biden menunjukkan bahwa sebagian besar pemilih pada tahun 2024, termasuk generasi muda, akan memilih presiden berdasarkan isu-isu seperti ekonomi, bukan Gaza.

Kebijakannya yang ramah terhadap generasi muda tidak cukup untuk menjamin dukungan, kata Elise Joshi, direktur eksekutif Gen-Z for Change, sebuah kelompok aktivis politik online muda.

“Saya menyambut baik kebijakan reformasi ganja dan utang pelajar, namun presiden belum mempertimbangkan protes ini, yang menjadi perhatian utama para pemilih muda di seluruh negeri,” kata Joshi.

"Gedung Putih mengutuk para pengunjuk rasa mahasiswa, namun kami belum mendengar apa pun tentang mereka yang menyerang para pengunjuk rasa."

Sementara itu, Partai Republik telah menggunakan protes tersebut untuk mencap beberapa anggota Partai Demokrat sebagai pedagang kekacauan dan antisemit.

Kandidat presiden dari Partai Republik Donald Trump pada hari Rabu memuji petugas polisi New York yang menggerebek gedung Universitas Columbia yang ditempati oleh mahasiswa pro-Palestina dan menyebut para demonstran sebagai “orang gila yang mengamuk.”
Biden, tambah Trump, "tidak bisa ditemukan."

Kampanye Partai Republik menuduh Partai Demokrat mendukung “antisemitisme” dan “pengunjuk rasa pro-teror,” sambil mendukung petahana yang rentan seperti Perwakilan Mike Lawler dan Anthony D’Esposito, yang keduanya mewakili distrik-distrik ayunan di New York dengan sejumlah besar pemilih Yahudi.

Biden belum mengunjungi kampus untuk membahas demonstrasi tersebut tetapi dijadwalkan menyampaikan pidato pembukaan akhir bulan ini, termasuk di Morehouse College di Atlanta, di mana beberapa mahasiswa dan dosen meminta agar undangan presiden dicabut.

Nsé Ufot, pendiri New South Super PAC, mengatakan Partai Demokrat mempertaruhkan dukungan mereka terhadap pemilih muda jika mereka tidak mendengarkan kemarahan mereka terhadap Gaza.

“Narasinya telah berubah,” kata Ufot, yang telah berupaya untuk menghidupkan pemilih muda kulit berwarna di negara bagian Georgia yang pemilunya kompetitif. “Mereka harus mendengarkan basis mereka.”

Jajak pendapat Universitas Quinnipiac, Open New Tab bulan lalu menemukan 46% dukungan terhadap bantuan kepada Israel untuk perang melawan Hamas dan 44% oposisi.

Namun di antara pemilih terdaftar di AS yang berusia 18-34 tahun, hanya 25% yang mendukung bantuan kepada Israel, dan 66% menentangnya.
Jajak pendapat Reuters/Ipsos pada bulan Maret menunjukkan warga Amerika berusia 18-29 tahun lebih memilih Biden dibandingkan Trump dengan hanya selisih 3 poin persentase - 29% berbanding 26% - sedangkan sisanya lebih memilih kandidat lain atau tidak yakin siapa yang akan mendapatkan suara mereka. Biden memperoleh suara kaum muda dengan selisih 24 poin pada tahun 2020.

Ketika ditanya apakah Biden khawatir dia akan kehilangan suara kaum muda dalam pemilu November mendatang mengingat adanya protes, juru bicara Gedung Putih Karine Jean-Pierre pada hari Rabu menunjuk pada tindakan terhadap utang pelajar dan perubahan iklim.

“Presiden telah mengambil banyak tindakan kebijakan di sini karena dia tahu bahwa generasi muda peduli, dan sebagian besar tindakan tersebut disukai oleh generasi muda,” katanya.

TERKINI
Calon Siswa Bintara Polri Dibegal, Kapolri Beri Penghargaan Atas Keberaniannya KPK Bakal Periksa Eks Kepala Bea Cukai Purwakarta Pekan Depan Dewas KPK Putuskan Etik Nurul Ghufron Pekan Depan Timberwolves Paksa Nuggets Hingga Gim Ketujuh