Forum Konsultasi Publik Bersama Badan POM, Permudah Pelayanan dan Komunikasi Via WhatsApp

Rabu, 01/05/2024 07:42 WIB

Jakarta, Jurnas.com- Forum Konsultasi Publik Standar Pelayanan Direktorat Standardisasi Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik kembali dilaksanakajn pada Selasa (30/4/2024) di di Aula Bhinneka Tunggal, Badan POM, Jakarta Pusat. Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid dengan kegiatan luring dan juga secara daring menggunakan media zoom.

Forum konsultasi publik diikuti oleh 500 peserta yang terdiri dari pelaku usaha dan asosiasi pelaku usaha di bidang obat bahan alam, suplemen kesehatan dan kosmetik (GP Jamu, GAPOTA, GPFI, APSKI, PPAK, Perkosmi, APK2I), organisasi profesi (IDI, IAI, PAFI), akademisi dan peneliti, lintas sektor terkait (Ombudsman RI, Badan Perlindungan Konsumen Nasional, Dinas Kesehatan Kabupaten/Provinsi, Dinas PTSP Kabupaten/Provinsi), perwakilan LSM (YLKI), media massa, dan UPT Badan POM di seluruh Indonesia.

Kegiatan forum konsultasi publik bertujuan untuk menjaring masukan dari pelaku usaha dan stakeholder terkait terhadap hasil review standar pelayanan Direktorat Standardisasi Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik; dan mensosialisasikan layanan publik Direktorat Standardisasi Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik yang meliputi layanan pengkajian dan layanan konsultasi.

Penyelenggaraan forum konsultasi publik merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh Direktorat Standardisasi Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik  untuk menjalin komunikasi yang efektif dengan stakeholder terkait selaku penerima layanan. Dengan melakukan komunikasi yang intens kepada penerima layanan maka Direktorat Standardisasi Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik  akan lebih memahami dan mengidentifikasi kebutuhan serta harapan penerima layanan sehingga bisa dijadikan pedoman perbaikan untuk peningkatan kualitas pelayanan publik di Direktorat Standardisasi Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik.

Kegiatan forum konsultasi publik dibuka oleh Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik, Bapak Muhammad Kashuri. Dalam sambutannya Bapak Deputi mengundang mitra strategis Badan POM untuk berperan serta dalam pemantauan dan evaluasi penerapan standar pelayanan melalui kegiatan dialog, diskusi serta bertukar opini tentang penyelenggaraan layanan publik terutama yang diselenggarakan oleh Direktorat Standardisasi Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik. Hal ini sebagai upaya dalam membangun sistem penyelenggaraan pelayanan publik yang adil, transparan, dan akuntabel.

Kegiatan sosialisasi diisi dengan paparan dari Direktur Standardisasi Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik tentang Review Standar Pelayanan Publik di Direktorat Standardisasi Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik, dan paparan terkait Mekanisme Layanan Konsultasi dan Layanan Pengkajian Keamanan, Mutu, dan Khasiat/Manfaat Obat Tradisional, Obat Kuasi, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik serta diskusi dan tanya jawab terkait standar pelayanan.

Lina dari APK21 dan juga Ayu Puspita dari Asosiasi Suplemen Kesehatan Indonesia mengapresiasi Langkah dari Badan POM dalam hal ini Direktorat Standardisasi Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik yang terus mengupdate setiap informasi yang berkembang dan bertujuan memudahkan para pelaku usaha.

“Tadi banyak mendapat masukan dan intinya memberikan update setiap informasi yang berkembang. Kita semakin mudah berkomunikasi dan mempertanyakan apapun dengan sistem pelayanan via WhatsApp (Kurawa). Semakin kesini kita semakin dimudahkan untuk melakukan konsultasi. Ini sangat baik untuk kami,” ungkap Ayu Puspita diamini Lina.

Tidak hanya terkait dengan komunikasi saja, regulasi dan juga administrasi dan hal apapun kini lebih mudah hanya dengan mengirimkan via WhatsApp sudah akan langsung mendapat respon ceat dari Direktorat Standardisasi Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik

“Jadi tidak hanya di Jakarta saja, teman-teman di daerah juga akan lebih mudah mempertanyakan apapun via WhastApp ini. Ini sangat baik sekali untuk perkembangan usaha kami ke depan,” tandas Ayu lagi.

TERKINI
Video CCTV Beredar, Fans Jijik dengan Aksi Kekerasan Sean Diddy Combs terhadap Cassie Ventura Cassie Ventura `Disiksa` Sean Diddy Combs, Inilah Fakta Tuduhan Pelecehan Seksual Selama Satu Dekade Thiago Motta Galau, Pindah ke Juventus atau Tetap Bertahan di Bologna Pukuli Cassie Ventura, Alex Fine Sindir Sean Diddy Combs `Bukan Seorang Pria`