Hoaks! Megawati Soekarnoputri Telah Meninggal Dunia April 2024

Selasa, 30/04/2024 23:53 WIB

Jurnas.com - Beredar sebuah unggahan foto berbentuk flyer di media social TikTok yang mengabarkan bahwa Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri telah meninggal dunia pada bulan April 2024.

Flyer ucapan duka cita yang terdapat foto sosok Presiden Republik Indonesia ke-5 ini salah satunya dibagikan di TikTok oleh akun ini pada Sabtu 27 April 2024.

“Telah berpulang ke Rahmatullah keluarga kami tercinta. Mega wati, Sabtu 27 april 2024. Kami keluarga besar Mengucapkan turut berduka cita dan belasungkawa atas berpulangnya nama Almarhum,” demikian narasi yang dicantumkan dalam video tersebut.

“Semoga diterima amal ibadahnya dan kebaikannya diampuni segala dosa dan ditempatkan pada tempat yang terbaik di sisi-Nya., Amamiin. Gak nyangka ya perasaan baru kemarin,” ujarnya.

Namun, video yang diunggah di TikTok oleh akun bernama memo ju tersebut, kini telah dihapus.

Sebelumnya, konten serupa diunggah pada awal bulan April 2024 oleh akun ini. Unggahan yang diunggah di TikTok oleh akun bernama Akungabut_ tersebut, hingga Minggu (28/4/24) telah ditonton lebih dari 6 juta kali dan disukai oleh 96.6 ribu pengguna serta mendapatkan komentar lebih dari 6 ribu komentar.

Dalam kolom komentarnya, kebanyak pengguna di TikTok mempertanyakan kebenaran kabar tersebut. Namun, ada juga sejumlah warganet yang mengatakan bahwa Megawati bukan meninggal dunia melainkan koma.

Selain itu, tidak sedikit juga warganet yang mempercayai kabar hoaks tersebut. Beberapa pengguna menghubung-hubungkan kabar tersebut dengan konteks Pilpres 2024. Sejumlah warganet menilai kabar Megawati meninggal karena dukungannya di Pilpres 2023 kalah.

Hasil Verifikasi dan Penjelasan

Unggahan yang mengabarkan bahwa Megawati Soekarnoputir telah meninggal dunia pada bulan April 2024 itu dipastikan hoaks.

Sebab, pada Jumat (26/4//24), sebagaimana diberitakan Kompas.com dan unggahan akun PDIP ini, Megawati menghadiri rapat konsolidasi partai dengan para kepala-wakil kepala daerah dari PDI-P, yang berlangsung di Sekolah Partai, di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jakarta.

Selain itu, hingga berita ini dimuat, tidak ditemukan informasi kredibel yang menyatakan bahwa Megawati Soekarnoputri telah meninggal dunia.

Diketahui, kabar hoaks tentang Megawati Soekarnoputri meniggal dunia telah beredar beberapa kali, sejak tahun 2021 dan telah terbantahkan. Kabar hoaks itu kini kembali beredar untuk memanfaatkan momen Pilpres 2024.

Kesimpulan

Mengacu pada penelusuran fakta tersebut, dengan demikian kabar tentang Megawati Soekarnoputri telah meninggal dunia pada bulan April 2024 adalah hoaks.

 

TIM CEK FAKTA Jurnas.com

TERKINI
Video CCTV Beredar, Fans Jijik dengan Aksi Kekerasan Sean Diddy Combs terhadap Cassie Ventura Cassie Ventura `Disiksa` Sean Diddy Combs, Inilah Fakta Tuduhan Pelecehan Seksual Selama Satu Dekade Thiago Motta Galau, Pindah ke Juventus atau Tetap Bertahan di Bologna Pukuli Cassie Ventura, Alex Fine Sindir Sean Diddy Combs `Bukan Seorang Pria`