Pertegas Tidak Ikut Aksi Pembalasan Israel ke Iran, Amerika Berupaya Redakan Ketegangan

Senin, 15/04/2024 08:40 WIB

JERUSALEM - Presiden Joe Biden memperingatkan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu bahwa AS tidak akan mengambil bagian dalam serangan balasan terhadap Iran. Opsi ini disukai kabinet perang Netanyahu setelah serangan pesawat tak berawak dan rudal massal di wilayah Israel, menurut para pejabat.

Ancaman perang terbuka yang terjadi antara musuh-musuh Timur Tengah dan tarik-menarik Amerika Serikat membuat kawasan ini berada dalam kondisi tegang, sehingga memicu seruan untuk menahan diri dari negara-negara global dan negara-negara Arab untuk menghindari eskalasi lebih lanjut.

"Timur Tengah berada di ambang kehancuran. Masyarakat di kawasan ini sedang menghadapi bahaya nyata berupa konflik berskala penuh yang menghancurkan. Sekarang adalah waktunya untuk meredakan ketegangan dan meredakan ketegangan," kata Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres kepada Dewan Keamanan. pertemuan yang diadakan pada hari Minggu sebagai tanggapan atas serangan tersebut.

Wakil Duta Besar AS untuk PBB Robert Wood meminta dewan tersebut untuk mengutuk keras serangan Iran, seraya mengatakan Washington akan menjajaki langkah-langkah tambahan yang tidak ditentukan di PBB untuk meminta pertanggungjawaban Iran dan memperingatkan terhadap agresi lebih lanjut.

“Biar saya perjelas: jika Iran atau proksinya mengambil tindakan terhadap Amerika Serikat atau mengambil tindakan lebih lanjut terhadap Israel, Iran akan bertanggung jawab,” katanya.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengatakan bahwa meskipun AS tidak berupaya melakukan eskalasi, pihaknya akan terus mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk membela Israel dan personel AS, kata juru bicara Pentagon.

Para pejabat Israel mengatakan lima anggota kabinet perang Netanyahu lebih memilih tindakan pembalasan dalam pertemuan pada hari Minggu, meskipun panel tersebut berbeda pendapat mengenai waktu dan skala tanggapan semacam itu.

Iran melancarkan serangan tersebut atas dugaan serangan Israel terhadap kompleks kedutaan besarnya di Suriah pada tanggal 1 April yang menewaskan komandan penting Garda Revolusi dan menyusul bentrokan berbulan-bulan antara Israel dan sekutu regional Iran, yang dipicu oleh perang di Gaza.

Namun, serangan lebih dari 300 rudal dan drone hanya menyebabkan kerusakan ringan di Israel. Sebagian besar ditembak jatuh oleh sistem pertahanan Iron Dome Israel dan dengan bantuan dari AS, Inggris, Prancis, dan Yordania.

KERUSAKAN SERIUS SEDIKIT
Sebuah pangkalan Angkatan Udara Israel terkena serangan tetapi tetap beroperasi seperti biasa dan pecahan peluru melukai seorang anak berusia 7 tahun. Tidak ada laporan kerusakan serius lainnya.

Dua menteri senior Israel memberi isyarat pada hari Minggu bahwa pembalasan tidak akan terjadi dan Israel tidak akan bertindak sendiri.

“Kami akan membangun koalisi regional dan menentukan dampak dari Iran dengan cara dan waktu yang tepat bagi kami,” kata menteri berhaluan tengah Benny Gantz menjelang pertemuan kabinet perang.

Menteri Pertahanan Yoav Gallant juga mengatakan Israel mempunyai kesempatan untuk membentuk aliansi strategis "melawan ancaman besar dari Iran, yang mengancam akan memasang bahan peledak nuklir pada rudal-rudal ini, yang bisa menjadi ancaman yang sangat serius," katanya. Iran membantah berupaya membuat senjata nuklir.

Gantz dan Gallant adalah anggota kabinet perang Israel yang mempunyai wewenang mengambil keputusan.

Israel tetap waspada, namun pihak berwenang mencabut beberapa tindakan darurat, termasuk pelarangan beberapa sekolah
kegiatan dan membatasi pertemuan besar.

Intersepsi drone dan rudal menelan biaya sekitar 4,5 miliar shekel ($1,2 miliar), menurut Channel 13 News Israel, yang mengatakan bahwa Washington mendanai sebagian dari biaya tersebut.

Kepala staf militer Iran Mayor Jenderal Mohammad Bagheri mengatakan di televisi, "Respon kami akan jauh lebih besar daripada aksi militer malam ini jika Israel membalas terhadap Iran," dan mengatakan kepada Washington bahwa pangkalan-pangkalannya juga bisa diserang jika membantu Israel membalas.

Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian mengatakan Teheran telah memberi tahu AS bahwa serangannya terhadap Israel akan dibatasi dan untuk pertahanan diri. Selain itu, negara-negara tetangga di kawasan juga telah diberitahu mengenai rencana serangannya 72 jam sebelumnya.

Sumber diplomatik Turki mengatakan Iran telah memberi tahu Turki sebelumnya.

Iran mengatakan serangan itu bertujuan untuk menghukum “kris Israel mes," tapi sekarang "masalahnya dianggap sudah selesai."

Para pemimpin negara-negara Kelompok 7 mengutuk serangan Iran dan mengatakan mereka akan berupaya menstabilkan situasi, memperingatkan dalam sebuah pernyataan bahwa Teheran berisiko mengalami "eskalasi regional yang tidak terkendali."

Para analis memperdebatkan apakah serangan Iran dikalibrasi untuk menyebabkan kehancuran nyata di Israel, atau untuk menyelamatkan muka di dalam negeri setelah bersumpah untuk membalas dendam sambil menghindari perang besar baru.

“Saya pikir Iran mempertimbangkan fakta bahwa Israel memiliki sistem anti-rudal berlapis-lapis yang sangat kuat dan mereka mungkin mempertimbangkan bahwa tidak akan ada terlalu banyak korban jiwa,” kata Sima Shine, mantan pejabat senior Mossad. di Institut Studi Keamanan Nasional di Tel Aviv.

Di Gaza, serangan Iran mendapat tepuk tangan sebagai balasan yang jarang terjadi atas serangan Israel yang telah menewaskan sedikitnya 33.000 orang.

“Kami telah dibantai selama lebih dari enam bulan dan tidak ada yang berani melakukan apa pun. Sekarang Iran, setelah konsulatnya diserang, membalas Israel dan ini membawa kegembiraan di hati kami,” kata Majed Abu Hamza dari Kota Gaza.

Perang di Gaza, yang diserbu Israel setelah serangan Hamas yang didukung Iran pada 7 Oktober, telah meluas ke kelompok-kelompok yang bersekutu dengan Iran di Lebanon, Suriah, Yaman, dan Irak.

Netanyahu telah lama menganjurkan tindakan militer yang keras terhadap Iran, mendorong Washington untuk mengambil tindakan lebih keras atas program nuklir Teheran dan dukungannya terhadap kelompok militan di wilayah tersebut.

Di Israel, meskipun ada kekhawatiran akan serangan langsung pertama dari negara lain dalam lebih dari tiga dekade, suasananya kontras dengan trauma setelah serangan yang dipimpin Hamas pada 7 Oktober.

"Maksud saya, itu adalah serangan besar dari Iran… Saya membayangkan Israel akan merespons dan mungkin akan segera berakhir dan kembali ke kehidupan normal,” kata Jeremy Smith, 60 tahun.

Di Iran, televisi pemerintah menayangkan pertemuan kecil di beberapa kota untuk merayakan serangan tersebut, namun secara pribadi beberapa warga Iran khawatir dengan tanggapan Israel.
“Iran memberi Netanyahu kesempatan emas untuk menyerang negara kami. Namun kami, rakyat Iran, akan menanggung beban paling berat dari konflik ini,” kata Shima, seorang perawat, dari Teheran.

TERKINI
Video CCTV Beredar, Fans Jijik dengan Aksi Kekerasan Sean Diddy Combs terhadap Cassie Ventura Cassie Ventura `Disiksa` Sean Diddy Combs, Inilah Fakta Tuduhan Pelecehan Seksual Selama Satu Dekade Thiago Motta Galau, Pindah ke Juventus atau Tetap Bertahan di Bologna Pukuli Cassie Ventura, Alex Fine Sindir Sean Diddy Combs `Bukan Seorang Pria`