Kemdikbudristek Resmi Buka PembaTIK dan Kihajar 2023

Jum'at, 09/06/2023 12:10 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) resmi membuka program Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Komunikasi (PembaTIK) dan Kihajar STEM 2023, pada Kamis (8/6) kemarin.

PembaTIK yang tahun ini mengusung tema `Menguatkan Ekosistem Digital Pendidikan dengan Berkarya dan Berbagi untuk Mewujudkan Merdeka Belajar`, diharapkan meningkatkan kemampuan guru di bidang digitalisasi.

Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi Kemdikbudristek, Hasan Chabibie menekankan pentingnya pemanfaatan teknologi di dunia pendidikan, guna melahirkan generasi yang cakap digital.

"Saya harap guru antusias untuk mengikuti program pada tahun ini," kata Hasan di Jakarta.

Sementara itu, program Kihajar STEM 2023 menyasar peserta didik di seluruh jenjang. Program ini bertujuan mengasah kemampuan Critical Thinking, Creativity, Collaboration dan Communication (4C) siswa.

Melalui kegiatan ini, lanjut Hasan, peserta didik didorong mengembangkan berbagai proyek berbasiswa Sains, Teknologi, Enjinering, dan Matematika (STEM).

"Semua ini untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka yang membentuk profil Pelajar Pancasila," terang dia.

Pendaftaran PembaTIK 2023 dan Kihajar STEM 2023 dibuka Juni ini. Khusus Kihajar STEM, siswa yang ingin mendaftar harus diajukan satuan pendidikan dalam bentuk tim, yang selanjutnya akan menghadapi seleksi terlebih dahulu secara berjenjang.

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya