Pria Rusia Tewas Diserang Hiu di Laut Merah Mesir

Jum'at, 09/06/2023 08:29 WIB

JAKARTA, Jurnas.com - Seorang pria Rusia tewas diserang hiu macan di lepas pantai kota wisata Hurghada, Laut Merah Mesir, Kamis (8/6).

Pihak berwenang menutup bentangan garis pantai sepanjang 74 kilometer (46 mil), dan mengumumkan akan tetap terlarang dengan larangan berenang, snorkeling, dan kegiatan olahraga air lainnya hingga Minggu.

"Serangan hiu macan pada pengunjung pantai ... menyebabkan kematiannya," tulis Kementerian Lingkungan di Facebook, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Sebuah video yang beredar daring, menunjukkan seorang pria meronta-ronta di dalam air sebelum berulang kali diserang oleh hiu yang berputar-putar di sekelilingnya, dan kemudian diseret ke bawah.

Kementerian tersebut kemudian mengatakan telah menangkap hiu tersebut dan sedang memeriksanya di laboratorium untuk mencoba dan menentukan alasan serangan langka tersebut.

Konsulat Rusia di Hurghada mengidentifikasi pria itu sebagai warga negara Rusia tetapi tidak menyebutkan namanya.

Konsul Jenderal Rusia, Viktor Voropayev mengatakan kepada kantor berita TASS bahwa pihak berwenang Mesir telah mengkonfirmasi kepadanya kematian warga negara Rusia yang lahir pada tahun 1999.

"Korbannya bukan turis, tapi penduduk tetap Mesir," kata Voropayev kepada kantor berita.

Seorang penyelam yang tiba di lokasi tepat setelah serangan itu mengatakan orang-orang bergegas membantu korban setelah seorang penjaga pantai dari hotel terdekat membunyikan alarm, tetapi tidak dapat menghubunginya tepat waktu.

Sejarah serangan hiu

Resor Laut Merah Mesir, termasuk Hurghada dan Sharm el-Sheikh, membanggakan beberapa tujuan pantai paling terkenal di negara itu dan populer di kalangan turis Eropa. Penyelam tertarik dengan terumbu karang yang curam di lepas pantai, yang menawarkan kehidupan laut yang kaya dan berwarna-warni.

Serangan hiu jarang terjadi di wilayah pesisir Laut Merah. Pada tahun 2022, terjadi dua serangan fatal di Hurghada dalam beberapa hari, menewaskan seorang turis Austria dan seorang turis Rumania.

Pada tahun 2018, seorang turis Ceko dibunuh oleh hiu di lepas pantai Laut Merah. Seorang turis Jerman juga terbunuh pada tahun 2015.

Pada tahun 2010, serentetan lima serangan dalam lima hari yang tidak biasa di dekat pantai hot spot wisata Sharm el-Sheikh menewaskan satu orang Jerman dan melukai empat turis asing lainnya.

TERKINI
Anak Buah Arne Slot Bakal Menyusul Gabung Liverpool Unggah Foto Dirinya Menangis, Instagram Justin Bieber Diserbu Penggemar Mitsubishi Fuso Dukung Jambore Canter Mania di Jambi Gara-gara Masalah Pita Suara, Jon Bon Jovi Anggap Shania Twain Adiknya