Tentara Lebanon Tangkap Pemimpin al-Qaeda di Kota Deir Ammar

Minggu, 21/05/2023 06:43 WIB

JAKARTA, Jurnas.com - Tentara Lebanon mengatakan pada Sabtu (20/5) bahwa pihaknya telah menangkap seorang pemimpin terkemuka al-Qaeda di kota Deir Ammar, timur laut kota Tripoli.

Tentara Lebanon mengidentifikasi pria yang ditangkap hanya sebagai "T.M." dan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa penangkapan itu terjadi pada Jumat (19/5).

"T.M. adalah salah satu pemimpin paling menonjol dari al-Qaeda dan pendiri selnya di Lebanon," tutur tentara Lebanon, seperti dikutip dari Al Arabiya. 

"Dia juga memainkan peran kunci dalam mendirikan organisasi teroris Fatah al-Islam," tambah pernyataan itu, mengacu pada kelompok militan yang terinspirasi al-Qaeda yang dulunya aktif di Lebanon lebih dari satu dekade lalu.

Tentara Lebanon mengatakan T.M. menarik diri dari sorotan pada akhir 2007 menyusul pertempuran sengit antara militer dan Fatah al-Islam di sebuah kamp pengungsi di Lebanon utara.

"Dia kemudian kembali menonjol setelah kebangkitan Islamic State of Iraq and Syiria (ISIS) dan kelompok militan Suriah Front Nusra," tambah tentara.

TERKINI
Anak Buah Arne Slot Bakal Menyusul Gabung Liverpool Unggah Foto Dirinya Menangis, Instagram Justin Bieber Diserbu Penggemar Mitsubishi Fuso Dukung Jambore Canter Mania di Jambi Gara-gara Masalah Pita Suara, Jon Bon Jovi Anggap Shania Twain Adiknya