Kemenlu Rusia Terbitkan Daftar Hitam 500 Pejabat AS, Termasuk Barack Obama

Sabtu, 20/05/2023 09:44 WIB

JAKARTA, Jurnas.com - Kementerian Luar Negeri Rusia (Kemenlu Rusia) pada Jumat (19/5) menerbitkan daftar 500 warga Amerika Serikat (AS), termasuk mantan presiden Barack Obama, yang dilarang memasuki negara itu. Langkah tersebut merupakan tanggapan atas sanksi AS yang sedang berlangsung terhadap Moskow.

"Sudah saatnya bagi Washington untuk mengetahui bahwa tidak ada satu pun serangan terhadap Rusia yang akan berjalan tanpa reaksi keras," kata Kemenlu Rusia dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Russia Today.

"Prinsip hukuman yang tak terhindarkan akan diterapkan secara konsisten, apakah kita berbicara tentang sanksi yang lebih keras atau langkah-langkah diskriminatif untuk menghambat aktivitas profesional warga negara kita," sambung pernyataan tersebut.

Sebagai balasan atas pemotongan visa kedutaan AS di Moskow untuk jurnalis Rusia, yang mencegah mereka menemani Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov ke Dewan Keamanan PBB bulan lalu, pemerintah Rusia telah menolak untuk mengabulkan permintaan kedutaan untuk kunjungan konsuler ke Evan Gershkovich, Koresponden Wall Street Journal dituduh melakukan spionase.

Selain Obama, daftar hitam Rusia mencakup banyak anggota Kongres, gubernur dan jaksa agung dari beberapa negara bagian AS, mantan pejabat yang saat ini berada di dewan think tank terkemuka, kontraktor militer yang memasok senjata ke Ukraina, dan bahkan Nina Jankowicz "tsar disinformasi".

"Juga dalam daftar adalah orang-orang di lembaga pemerintah dan penegak hukum yang terlibat langsung dalam penganiayaan terhadap para pembangkang setelah apa yang disebut pemberontakan Capitol," catat Kemenlu Rusia.

Nama-nama terkenal dalam kategori itu termasuk Pengacara AS untuk Distrik Columbia Matthew Graves, pendahulunya Michael Sherwin, Jaksa Agung DC Karl Racine, dan Michael Byrd, petugas Polisi Capitol yang menembak mati pengunjuk rasa Ashli Babbitt yang tidak bersenjata.

Di antara pejabat pemerintahan Biden terkemuka yang masuk daftar hitam adalah Asisten Menteri Luar Negeri untuk Sumber Daya Energi Geoffrey Pyatt (sebelumnya duta besar AS untuk Ukraina pada 2014); James Rubin, mantan juru bicara Departemen Luar Negeri dan kepala Pusat Keterlibatan Global saat ini; Penasihat Departemen Luar Negeri Derek Chollet; dan penasihat senior Presiden Joe Biden, Anita Dunn.

Pembawa acara TV Jimmy Kimmel, Stephen Colbert, Seth Meyers, Rachel Maddow, dan Joe Scarborough juga termasuk di antara yang terkena sanksi, bersama dengan mantan presenter NBC Brian Williams.

Sekretaris Angkatan Darat dan Angkatan Udara, Christine Wormuth dan Frank Kendall, juga masuk dalam daftar, bersama dengan Kepala Staf USAF Jenderal Charles Q. Brown Jr.

Namun, lembaga think tank dan kompleks industri militer menempati urutan terbesar dalam daftar tersebut. Mantan menteri pertahanan dan jenderal Kelautan James Mattis dikenai sanksi karena berada di dewan General Dynamics, dan mantan direktur CIA George Tenet sebagai anggota dewan kontraktor agensi In-Q-Tel.

Mantan duta besar AS untuk Rusia John Tefft diberi sanksi sebagai rekan senior di RAND Corporation. Nelson Strobridge “Strobe” Talbot III – sebelumnya dari Departemen Luar Negeri – dan Norm Eisen dikenai sanksi atas keterlibatan mereka dengan Brookings Institute.

Peneliti senior Rusia dan Eurasia Eric Ciaramella termasuk di antara banyak karyawan Yayasan Carnegie dalam daftar sanksi, yang juga memuat banyak nama dari Dewan Atlantik dan wadah pemikir Pusat Kajian Strategis dan Internasional.

Nama-nama terkemuka lainnya dalam daftar hitam Rusia adalah mantan menteri keuangan Ukraina Natalie Jaresko dan mantan pakar Rusia di Dewan Keamanan Nasional Fiona Hill.

TERKINI
Genjot Penjualan di China, Toyota Gandeng Tencent Toyota Kenalkan Dua Varian Mobil Listrik untuk Pasar China Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore