Kelola Potensi Kelautan Papua, KKP Siapkan SDM Mumpuni

Kamis, 18/05/2023 06:31 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Kepala Badan Riset dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan KKP I Nyoman Radiarta di Sorong, Rabu, menjelaskan sumber daya kelautan dan perikanan di Sorong sangat potensial untuk di kembangkan.

I Nyoman meminta Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Sorong, Papua Barat Daya, menyiapkan SDM yang mumpuni guna mengelola potensi kelautan dan perikanan di wilayah itu. "Maka diperlukan sumber daya manusia yang mumpuni guna mengisi potensi tersebut," kata I Nyoman Radiarta, dalam keterangannya, diterima di Jakarta, Rabu (17/5)

Ini, katanya, satu strategi yang dilakukan KKP tentang bagaimana menciptakan anak-anak Papua untuk ikut memberikan andil dalam mengelola potensi sumber daya alam yang dimiliki di wilayah tersebut.

"Sehingga sangatlah strategis SUPM ini hadir di Sorong dengan tugasnya adalah menyiapkan kualitas SDM yang berkualitas untuk menjawab peluang yang ada," kata I Nyoman Radiarta.

Dengan penerapan pengolahan sumber daya alam yang didukung tenaga ahli, kata dia, maka akan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat. Ia menyebut potensi kelautan dan perikanan di Sorong sangat besar.

Hal ini memacu Badan Riset dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan KKP meningkatkan kapasitas pendidikan di Sekolah Usaha Perikanan Menengah di Sorong.

Selain itu KKP juga mengimbau anak-anak pelaku perikanan dan kelautan seperti nelayan, pembudidaya ikan, pengolah ikan, dan petambak garam, untuk mengenyam pendidikan secara gratis yang disiapkan KKP melalui kuota sebesar 55 persen. "Ini khusus bagi orang Papua yang diberikan sekolah gratis sebagai bagian dari pemberdayaan masyarakat pribumi," kata Nyoman Radiarta.

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih