Ratusan Paus Terdampar di Selandia Baru Bikin Geger Warga

Jum'at, 10/02/2017 16:15 WIB

Selandia Baru- Para relawan di Selandia Baru berbondong-bondong memenuhi pantai menyelamatkan sekitar empat ratus ikan paus yang terdampar. Diperkirakan tiga ratus paus tersebut telah mati di Farewell Spit, di Pulau Selatan. Ratusan penduduk setempat dan staf departemen konservasi menyelamatkan para korban sejak Jumat (10/2) dini hari.

Para ilmuwan belum tahu persis penyebab paus-paus itu terdampar ke pantai. Namun diperkirakan paus-paus tersebut lanjut usia, sakit, terluka, atau membuat kesalahan navigasi di sepanjang pantai. Kadang-kadang salah satu ikan paus yang terdampar, mengirimkan sinyal marabahaya yang menarik anggota lainnya, yang kemudian juga ikut terdampar oleh surut air pasang.

Dapartemn konservasi pada Kamis malam (9/2) mendapatkan informasi sejumlah ikan paus yang terdampar, namun tidak segera melakukan operasi penyelamatan sebab dinilai cukup berbahaya melakukan penyelamatan dalam gelap malam, seperti dilanseri dari BBC

Departemn manejer regional, Andrew Lamason mengatakan sejumlah ikan paus yang terdampar merupakan kejadian yang terbesar yang pernah terjadi di Selandian Baru. Penyalamat ikan paus bahkan mengatakan total jumlah ikan paus yang terdampar tersebut diperkirakan mencapai empat ratus ekor.

Insiden terjadi di Farewell Spit. Para ahli mengatakan perairan yang dangkal tampaknya membuat paus kewalahan dan menghambat kemampuan mereka bernavigasi. Pada Februari 2015 sekitar 200 ikan paus terdampar sendiri di lokasi yang sama, yang setidaknya setengah dari paus tersebut mati.

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya