Amankan Angkutan Lebaran 1444 H, Kemenhub Gelar Pasukan Pengamanan di Bojonegara

Rabu, 12/04/2023 18:07 WIB

BANTEN, Jurnas.com - Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PPLP) Kelas I Tanjung Priok, irektorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan mengelar apel pasukan pengamanan angkutan Lebaran 1444 H/2023 di Dermaga Golden Key, Pelabuhan Bojonegara, Banten, Rabu (12/4/2023).

Apel pasukan pengamanan dipimpin oleh Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Ditjen Hubla, Rivolindo dan didampingi oleh Kepala Pangkalan PLP Kelas I Tanjung Priok, Triono.

"Diharapkan masyarakat pengguna jasa transportasi laut yang akan melakukan perjalanan pada periode tersebut dapat berjalan dengan lancar, tertib, aman, dan nyaman," ujar Rivolindo.

Rivolindo mengatakan, acara ini bertujuan untuk memastikan kesiapan seluruh unsur di Pangkalan PLP Kelas I Tanjung Priok dalam melaksanakan operasi pelayanan dan pengawasan pengamanan angkutan laut Lebaran tahun 2023 yang akan berlangsung mulai dari tanggal 7 April sampai dengan 8 Mei 2023.

Ia meminta agar seluruh unsur melaksanakan tugas dengan baik, humanis, dan siap mengantisipasi serta merespon setiap kejadian yang membahayakan penumpang, muatan atau barang serta alat transportasinya.

Selama angkutan Lebaran 1444 H, Pangkalan PLP Kelas I Tanjung Priok menyiapkan 10 unsur kapal negara patroli yang terdiri dari 4 unsur kapal negara patroli di Perairan Merak - Selat Sunda, 1 unsur kapal patroli negara di Bakauheni Lampung, 1 unsur kapal patroli negara di Perairan Sampit Kalteng, 2 unsur kapal patroli negara di Perairan teluk Jakarta, 1 unsur kapal patroli negara di Perairan Semarang Jawa  Tengah, 1 unsur kapal patroli negara di perairan Bangka Belitung, 3 Unit RIB SAR, dan 215 ABK kapal patroli.

"Dengan komitmen, kolaborasi, integritas, dan kerja keras, Pangkalan PLP Kelas I Tanjung Priok optimis bahwa angkutan laut lebaran tahun 2023 akan berjalan sukses sesuai dengan tema `Mudik Aman Berkesan`. Kami berharap masyarakat yang akan melakukan perjalanan dengan kapal laut pada periode tersebut dapat merasa aman, nyaman, dan selamat," tutupnya.

Acara apel siaga pasukan dilanjutkan dengan sosialisasi keselamatan dan keamanan pelayaran serta pembagian life jacket kepada perwakilan penumpang kapal penyeberangan rakyat Grenyang Pulau Panjang, Banten.

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih