Israel Luncurkan Serangan Rudal di Bandara Aleppo Suriah

Rabu, 22/03/2023 17:55 WIB

JAKARTA, Jurnas.com - Kementerian Pertahanan Suriah mengatakan, serangan udara Israel telah menghantam bandara Aleppo Suriah. Insiden tersebut menyebabkan beberapa kerusakan material.

Ini merupakan serangan ketiga dalam kurun enam bulan terakhir.

"Dalam serangan ketiga di bandara Aleppo dalam 6 bulan, Israel meluncurkan sejumlah rudal dari Laut Mediterania, sebelah barat kota pesisir Latakia, pada pukul 3:55 pagi," kata Kementerian Pertahanan Suriah dalam sebuah pernyataan.

Kantor berita negara Suriah, SANA, mengutip seorang pejabat militer yang tidak disebutkan namanya, tidak menyebutkan apakah serangan itu menyebabkan kematian atau cedera.

Laporan itu mengatakan bahwa pesawat tempur Israel menembakkan rudal ke arah Aleppo, kota terbesar Suriah dan pernah menjadi pusat komersialnya, saat terbang di atas Mediterania, Associated Press melaporkan.

Militer Israel menolak mengomentari serangan terbaru, kantor berita Reuters melaporkan.

Bandara Internasional Aleppo telah menjadi saluran utama aliran bantuan kemanusiaan ke negara itu sejak gempa berkekuatan 7,8 skala Richter melanda Turki selatan dan Suriah barat laut pada 6 Februari, menewaskan lebih dari 50.000 orang, termasuk lebih dari 6.000 di Suriah.

Awal bulan ini, media pemerintah Suriah mengatakan bahwa serangan udara Israel di bandara Aleppo telah merusak landasan pacu, yang tidak berfungsi sehingga memaksa pengiriman ulang pasokan bantuan ke Damaskus dan Latakia.

Israel telah melakukan ratusan serangan udara terhadap Suriah tetapi jarang mengaku bertanggung jawab. Para pejabat Israel mengatakan serangan-serangan itu ditujukan kepada orang-orang yang dicurigai sebagai gudang senjata dan personel yang disponsori Iran.

Serangan itu dikatakan sebagai bagian dari eskalasi konflik intensitas rendah terhadap apa yang digambarkan Israel sebagai target terkait Iran di Suriah yang mendukung Presiden Bashar al-Assad dalam perang saudara, yang dimulai pada 2011.

Sumber: Al Jazeera

TERKINI
Genjot Penjualan di China, Toyota Gandeng Tencent Toyota Kenalkan Dua Varian Mobil Listrik untuk Pasar China Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore