Kemendag Minta Masyarakat Jateng Tak Panic, Pasokan Minyakita Aman

Sabtu, 18/02/2023 23:05 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Masyarakat diimbau tidak perlu khawatir, apalagi sampai melakukan panic buying. Menurut laporan Kementerian Perdagangan ( Kemendag ), distribusi Minyakita di Pasar Gayamsari, Semarang, terpantau aman dan tercukupi.

Hal tersebut, disampaikan Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (Dirjen PKTN), Kemendag, Veri Anggrijono, dalam keterangan persnya, di Jakarta Sabtu (18/2/2023).

Kemendag bersama Satgas Pangan Daerah dan Disperindag setempat telah melakukan pemantauan pendistribusian Minyakita di Jawa Tengah, khususnya Kota Semarang. Berdasarkan pantauan, diketahui pasokan Minyakita di Pasar Gayamsari aman dan tercukupi. Masyarakat tidak perlu panic buying," tegas Veri Anggrijono.

Pendistribusian ini merupakan komitmen pelaku usaha untuk menambah pasokan Minyakita di Jawa Tengah. Penyaluran ini berasal dari stok yang ditemukan di gudang Marunda, Jakarta Utara, beberapa waktu lalu dan juga tambahan dari beberapa produsen lain yang merealisasikan komitmen penambahan pasokan domestic market obligation (DMO) miliknya.

"Pendistribusian ini juga diharapkan dapat memenuhi ketersediaan Minyakita di tengah masyarakat sesuai harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah," tambah Veri.

Berdasarkan data dan pantauan tersebut, total pasokan DMO minyak goreng, baik dalam bentuk curah maupun kemasan yang telah direalisasikan per tanggal 17 Februari 2023 untuk wilayah Jawa Tengah sudah mencapai 24.069 ton. Pasokan tersebut lebih dari 100% dibandingkan kebutuhan harian (17 hari) untuk Jawa Tengah sebesar 20.179 ton.

Dari jumlah pasokan tersebut, proporsi minyak goreng curah sebesar 16.927 ton (70,32%) dan minyak goreng kemasan Minyakita 7.142 ton (29,67%). "Pasokan ini akan terus dilakukan secara berkesinambungan, terutama dalam menjaga ketersediaan untuk mengantisipasi kebutuhan menghadapi Ramadhan dan Idulfitri tahun ini," kata Veri.

 

TERKINI
Aktor Rio Reifan Ditangkap Kelima Kalinya di Kasus Narkoba CERI Laporkan Aspidum Kejati Jawa Timur ke Jaksa Agung Atas Dugaan Ini MK Mulai Gelar Sidang Perkara PHPU Pileg 2024 Gelora Cap PKS sebagai Pengadu Domba: Tolak Gabung Koalisi Prabowo-Gibran