Anggaran Rp31,7 Triliun, Kemenhub Prioritaskan 10 Program

Rabu, 18/01/2023 19:37 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub), tahun 2023 ini memprioritaskan 10 program. Salah satunya terkait percepatan kendaraan listrik. Hal itu, disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, di Jakarta (18/1). "Kita punya 10 prioritas. Di 2023 ini kita akan melakukan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan," ujar Menhub.

Menhub merinci prioritas pertama adalah pengembangan konektivitas yang produktif dan mendukung pertumbuhan ekonomi wilayah. Kedua, mendukung dan meningkatkan keselamatan transportasi serta meningkatkan kuantitas dan kualitas pelayanan publik.

Ketiga, mendukung program peningkatan sdm sektor transportasi melalui penyelenggaraan pendidikan vokasi dan peningkatan kompetensi aparatur. "Lalu yang keempat, mendukung pemerataan pembangunan nasional, membantu masyarakat ekonomi lemah dan menyentuh daerah terpencil, tertular dan terdepan," sebutnya.

Kelima, melaksanakan program-program kegiatan dan mendukung PEN. Keenam, memastikan keberlanjutan program MYC dan pemenuhan PN dan PSN. Ketujuh, pemenuhan kebutuhan pokok seperti belanja gaji dan operas secara profesional.

Kedelapan, melakukan perencanaan dan pengembangan IKN dan transportasi massal perkotaan seperti di Jabodetabek, Medan, Bandung, Surabaya, Makassar dan Bali. Kesembilan, mendukung inovasi, digitalisasi layanan perizinan serta mengoptimalkan skema creatif financing.

Kemudian yang terakhir, mendorong pemanfaatan energi baru terbarukan, percepatan pemanfaatan kendaraan listrik dan kendaraan ramah lingkungan. "Kendaraan listrik menjadi konsen bagi kita dan ini insya Allah bisa kita laksanakan dan bapak presiden selalu memberikan dukungan dan catatan bagi kita untuk melakukan," ungkap Menhub.

Sebelumnya, Menhub Budi mengatakan bahwa Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengantongi pagu anggaran TA 2023 sebesar Rp31,7 triliun. Anggaran tersebut terdiri dari beberapa komposisi, yaitu automatic adjustment kementerian perhubungan TA 2023 sebanyak Rp1,38 triliun dan automatic adjustment belanja K/L TA 2023 sebesar Rp50,23 triliun

 

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih