Jelang Nataru, Mendag Zulhas Akui Harga Sejumlah Bahan Pokok Naik

Senin, 19/12/2022 21:05 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Sejumlah bahan pokok naik menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Dia menyampaikan hal itu usai menghadiri rapat terbatas terkait persiapan Nataru di Istana Kepresidenan. Hal itu, diutarakan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Mendag Zulhas), di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (19/12/2022).

"Memang Desember ini ada beberapa yang kami waspadai karena permintaannya naik. Telur, telur ini kan banyak orang bikin kue, permintaanya naik. Harganya seharusnya Rp27.000-Rp29.000, sekarang sudah Rp31.000," kata Mendag Zulhas.

Karena itu, Mendag Zulhas dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan kepala daerah berkoordinasi mencari solusi bersama. Jika kenaikan telur sampai 5 persen, menurutnya, akan diberikan subsidi untuk biaya transportasi.

"Kami dengan Mendagri dan lain-lain rapat dengan pemda, kalau sudah lebih dari 5 persen (kenaikan harga) maka dibantu biaya tranportasi agar harganya tidak lebih dari Rp31.000-Rp32.000 itu. Ngambil dari Jawa untuk Kalimantan ongkos transportasinya ditanggung," ujarnya.

Sementara untuk daging ayam, harganya masih stabil. Begitu juga dengan beras. Dia menjamin harga beras dari Bulog stabil dan pasokan aman. Kedelai belum teratasi karena harusnya impor masuk Desember ini.

"Tapi terlambat karena ada urusan izin belum selesai, mudah-mudahan Januari nanti bisa selesai sehinga kedelai itu bisa harganya Rp10.500, paling mahal Rp11.000. Jadi kalau itu selesai harga semua aman lancar," tuturnya.

Selain itu, kenaikan juga terjadi pada sayur mayur. Namun, kenaikan tersebut karena faktor menjelang Nataru. "Terakhir sayur mayur (harganya naik) karena kebutuhannya naik (menjelang) Nataru, harganya juga naik tapi ini musiman. Nanti setelahnya akan landai lagi," ujarnya.

TERKINI
Genjot Penjualan di China, Toyota Gandeng Tencent Toyota Kenalkan Dua Varian Mobil Listrik untuk Pasar China Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore