Menkeu Sri Mulyani Prediksi Lebih Dari 60 Negara Alami Krisis Utang

Kamis, 27/10/2022 04:05 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani memprediksi lebih dari 60 negara di dunia bakal mengalami krisis utang dalam waktu dekat.

"Saat ini lebih dari 60 negara yang diperkirakan dalam situasi debt distress atau kondisi keuangan atau utang distress yang bisa memicu krisis utang maupun krisis keuangan atau ekonomi," ujarnya dalam acara Leaders Talk PLN 2022, Rabu (26/10).

Dia menilai negara-negara tersebut bakal menyusul Sri Lanka dan Argentina yang sudah lebih dulu jatuh ke dalam krisis utang. Kondisi mengerikan ini menjadi tak terhindarkan akibat tekanan yang bertubi-tubi mulai dari pandemi dan kenaikan harga minyak global.

"Ekstremnya kita lihat apa yang terjadi di Sri Lanka dan Argentina dalam bentuk foto-foto, atau kejadian krisis politik, sosial, ekonomi yang komplek. Situasi ini mengerikan dan kita harus kelola," imbuhnya.

Dia mengatakan kenaikan harga minyak global akibat perang Rusia-Ukraina menyebabkan inflasi melonjak tajam di banyak negara.

Di mana, inflasi AS melonjak tinggi mencapai rekor lebih dari 40 tahun. Begitu juga dengan negara kawasan Eropa, sehingga kenaikan suku bunga oleh bank sentral negara-negara tersebut tak bisa dihindari.

Karena kondisi ini, maka besar kemungkinan negara-negara tersebut bakal jatuh ke jurang resesi tahun depan.

"Kondisi ini yang kemudian menimbulkan tekanan yang besar. Banyak negara situasinya sudah rapuh waktu terjadi pandemi, sekarang ditambah tekanan keuangan, sehingga makin rapuh," tegasnya.

TERKINI
Aktor Rio Reifan Ditangkap Kelima Kalinya di Kasus Narkoba CERI Laporkan Aspidum Kejati Jawa Timur ke Jaksa Agung Atas Dugaan Ini Gelora Cap PKS sebagai Pengadu Domba: Tolak Gabung Koalisi Prabowo-Gibran Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa