Pemajuan Ekonomi dan Pelestarian Lingkungan Harus Seimbang

Rabu, 05/10/2022 13:46 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Upaya-upaya yang dilakukan dalam menjaga keseimbangan ekonomi diyakini akan memberikan kemajuan dalam perekonomian Indonesia. Ada sejumlah hal yang memang harus diubah, dalam upaya-upaya untuk mendorong pembangunan ekonomi nasional terkait keseimbangan ekonomi tersebut.

Hal itu, diungkapkan Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo dalam telekonferensi, Rabu (5/10). "Mari kita ubah ukuran kemajuan ekonomi kita agar jangan hanya terpaku pada aspek pertumbuhan, pertumbuhan, dan pertumbuhan saja, atau hanya tentang bagaimana kita melakukan industrialisasi saja. Mari ubah itu," kata Perry.

Karenanya, Perry menegaskan bahwa upaya-upaya yang harus mulai dilakukan kedepannya, adalah soal bagaimana kita bisa terus menjaga kemajuan ekonomi tanpa mengganggu keseimbangan planet ini. "Yaitu mengedepankan kemajuan ekonomi dan upaya pelestarian lingkungan," ujarnya.

Perry meyakini, kemajuan ekonomi tidak bisa hanya dilakukan dengan mengukur seberapa besar pertumbuhan PDB saja. Namun, menurutnya hal itu juga harus dilihat dari bagaimana optimalisasi pertumbuhan PDB, dan kaitannya dengan langkah melestarikan lingkungan. "Seperti yang selama ini biasa kita sebut ekonomi hijau," kata Perry.

Dengan menyeimbangkan antara kemajuan ekonomi dan upaya pelestarian alam, Perry mengatakan bahwa hal itulah yang tuhan ingin kita lakukan dalam konteks pembangunan ekonomi. Dia menyebut, konteks ekonomi hijau itu adalah apa yang tuhan katakan kepada kita, selama hampir tiga tahun pandemi COVID-19 ini berlangsung.

"Dan inilah ekonomi hijau sebagaimana yang tuhan maksud, yakni menyeimbangkan antara pembangunan ekonomi dan upaya-upaya untuk tetap menjaga kelestarian alam dan lingkungan," ujarnya.

TERKINI
KPU Siap Hadapi 297 Perkara PHPU Pileg 2024 Aktor Rio Reifan Ditangkap Kelima Kalinya di Kasus Narkoba CERI Laporkan Aspidum Kejati Jawa Timur ke Jaksa Agung Atas Dugaan Ini MK Mulai Gelar Sidang Perkara PHPU Pileg 2024