Jakarta Akan Terdampak Perubahan Iklim Dunia

Kamis, 29/09/2022 22:41 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Kota Jakarta pasti akan terkena terdampak perubahan iklim dunia yang meliputi kenaikan air laut dan badai, gelombang panas, hingga ancaman tenggelam. Hal itu, diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Marullah Matali.

"Jakarta berada di area ini, tadi saya sampaikan mulai dari kenaikan permukaan air laut dan dampak dari perubahan iklim global. Itu Jakarta pasti terdampak," ujar Marullah saat menghadiri acara Dinas Lingkungan Hidup DKI di Hotel Aryaduta, Menteng, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Oleh karena itu, imbuh Marullah, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah memitigasi sekaligus mengantisipasi perubahan iklim tersebut. "Bukan menantang (perubahan iklim), tapi memitigasi. Kami ingin mengantisipasinya dengan sebaik-baiknya," kata dia.

Dalam keterangan terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan bahwa dampak perubahan iklim mulai terasa, seperti penurunan permukaan tanah dan banjir rob di pesisir Jakarta. "Kita lihat sekarang sudah terjadi. Rob juga semakin tinggi, kemudian juga muka air tanah semakin turun dan cuaca juga tidak menentu," kata Asep.

Untuk itu, lanjut Asep, diperlukan langkah mitigasi bencana. "Ini terus kami lakukan upaya mitigasi dan adaptasi, bagaimana kami di DKI terus keluarkan kebijakan agar seluruh masyarakat juga mulai melakukan adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim," tutur Asep

TERKINI
Anak Buah Arne Slot Bakal Menyusul Gabung Liverpool Unggah Foto Dirinya Menangis, Instagram Justin Bieber Diserbu Penggemar Mitsubishi Fuso Dukung Jambore Canter Mania di Jambi Gara-gara Masalah Pita Suara, Jon Bon Jovi Anggap Shania Twain Adiknya