Puncak COVID-19 di Ukraina Diprediksi pada Oktober

Selasa, 13/09/2022 08:50 WIB

JAKARTA, Jurnas.com - Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus memperkirakan peningkatan kasus COVID-19 di Ukraina mencapai puncaknya pada Oktober.

"Kami sekarang melihat peningkatan kasus COVID-19 di Ukraina. Kami memproyeksikan bahwa penularan dapat memuncak pada awal Oktober dan rumah sakit dapat mendekati ambang batas kapasitas mereka," kata Ghebreyesus kepada konferensi Komite Regional WHO untuk Eropa di Tel Aviv.

"Kekurangan oksigen diprediksi karena sumber pasokan utama berada di bagian negara yang diduduki," katanya.

Oksigen sangat penting untuk pasien dengan berbagai kondisi, termasuk COVID-19 dan mereka yang memiliki penyakit kritis lainnya yang berasal dari komplikasi kehamilan, persalinan, sepsis, cedera, dan trauma.

Invasi Rusia ke Ukraina pada Februari telah sangat berdampak pada perawatan kesehatan. WHO mengonfirmasi lebih dari 500 serangan terhadap infrastruktur kesehatan di negara tersebut, yang mengakibatkan sekitar 100 kematian.

Ghebreyesus juga mengatakan bahwa perang dapat meningkatkan penyebaran polio.

"Kami juga sangat prihatin dengan potensi penyebaran polio secara internasional karena kesenjangan dalam cakupan imunisasi dan pergerakan populasi massal terkait dengan perang," katanya.

Ukraina memiliki cakupan vaksinasi yang rendah untuk COVID-19 dan polio, penyakit menular yang terutama menyerang anak-anak yang dapat menyebabkan kelumpuhan dan kematian dalam kasus yang jarang terjadi. Dua kasus polio dilaporkan di Ukraina pada tahun 2021.

Tahun ini, Israel, Inggris, dan Amerika Serikat (AS) semuanya melaporkan penularan polio di kota-kota besar, meningkatkan kekhawatiran tentang penyebaran infeksi lebih luas.

Sumber: Reuters

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih