Harga Cabai Rp140 Ribu/Kg, Komisi IV Kaget

Kamis, 12/01/2017 11:47 WIB

Jakarta - Pimpinan Komisi IV DPR yang membidangi pertanian terkejut ketika membuktikan harga cabai rawit mencapai Rp140 ribu per kilogramnya, saat melakukan inspeksi ke Pasar Palmerah.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Herman Khaeron mengatakan, harga cabai tersebut sangat jauh dari batas normal.

“Awalnya saya lega karena saat saya tanya harga cabai merah besar Rp50-55 ribu. Tapi begitu saya tanya harga cabai rawit merah, saya langsung kaget Rp140 ribu per kilonya," kata Herman, kepada Jurnas.com, Jakarta, Kamis (12/1).

Seharusnya, kata Herman, tingginya harga cabai rawit merah tersebut masih bisa turun. Hanya saja dibutuhkan waktu dan tidak bisa serta merta.

Menurutnya, awalnya lonjakan hanya terjadi di pasar, namun karena lonjakan di pasar terjadi dalam waktu cukup lama, akhirnya petani pun mengambil sikap untuk ikut menaikkan harga jualnya kepada tengkulak.

"Akibatnya, kalaupun ada upaya yang dilakukan oleh pemerintah, harga tersebut baru akan turun dalam waktu sekitar satu bulanan,” kata Herman.

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya