Gempa 7,1 SR Guncang Filipina, Terasa Kuat di Manila

Rabu, 27/07/2022 09:16 WIB

Manila, Jurnas.com - Gempa berkekuatan 7,1 skala richter mengguncang pulau Luzon, Filipina pada Rabu (27/7) pagi, dengan getaran kuat yang dirasakan di banyak wilayah, termasuk di ibu kota Manila.

Tidak ada laporan langsung tentang kerusakan atau cedera akibat gempa, yang diketahui berasal dari kedalaman 10 kilometer tersebut.

Dikutip dari Reuters, Pusat Geologi AS (USGS) mengatakan pusat gempa berada sekitar 11 kilometer timur-tenggara kota Dolores, Provinsi Abra.

Eric Singson, salah seorang anggota kongres di provinsi Ilocos Sur utara, mengatakan kepada stasiun radio DZMM bahwa gempa dirasakan dengan kuat.

"Gempa berlangsung 30 detik atau lebih. Saya pikir rumah saya akan jatuh," kata Singson.

"Sekarang, kami mencoba menjangkau orang-orang. Saat ini ada gempa susulan jadi kami berada di luar rumah," imbuh dia.

Gempa itu juga dirasakan dengan kuat di Manila, dan mengakibatkan sistem kereta metro kota dihentikan pada jam sibuk, menurut keterangan Kementerian Transportasi Filipina. Gedung senat di ibu kota juga dievakuasi.

"Di wilayah ibu kota (gempa) itu tidak merusak. Saya pikir itu tidak berpengaruh pada struktur tetapi baik untuk memeriksa fasilitas vital seperti MRT," tutup Singson.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Komisi I DPR: Pemerintah Perlu Dialog Multilateral Redam Konflik di Timur Tengah Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios