Para pemimpin dunia berduka atas penembakan fatal mantan pemimpin Jepang Shinzo Abe

Jum'at, 08/07/2022 20:50 WIB

JAKARTA, Jurnas.com - Mantan Perdana Menteri Shinzo Abe meninggal dunia usai ditembak. Serangan itu mengejutkan sebuah negara di mana kekerasan politik dan senjata sangat jarang terjadi.

Perdana menteri terlama Jepang ditembak dari sekitar 3 meter dari belakang ketika tengah berpidato di Kota Nara, Jepang, Jumat (8/7), menjelang pemilihan parlemen akhir pekan ini. 

Abe yang tewas pada usia 67 tahun itu berasal dari dinasti politik konservatif dan memiliki reputasi sebagai operator politik cekatan yang mempertahankan pengaruh abadi setelah tidak lagi menjabat sebagai perdana menteri.

Berikut adalah sejumlah pemimpin negara dunia mengucapkan belasungkawa kepada warga Jepang atas meninggalnya Abe setelah ditembak pria, diketahui bernama Tetsuya Yamagami (41), dengan senjata rakitan. 

Uni Emirat Arab (UEA)

Presiden UEA, Sheikh Mohamed bin Zayed menyampaikan ucapan belasungkawa kepada keluarga Abe dan warga Jepang.

"Kami sangat sedih mengetahui tentang kematian teman tersayang kami Shinzo Abe yang melayani bangsanya dengan hormat dan berkontribusi untuk memperkuat hubungan yang bermanfaat antara UEA dan Jepang. Kami menyampaikan belasungkawa tulus kami kepada keluarganya dan orang-orang Jepang," cuitnya.

India

Perdana Menteri India, Narendra Modi mengatakan terkejut dan sedih tak terkatakan atas berita tragis tentang salah satu teman tersayangnya, Abe.

"Ia adalah seorang negarawan global yang menjulang tinggi, seorang pemimpin yang luar biasa dan seorang administrator yang luar biasa, tulis Modi di Twitter. "Ia mendedikasikan hidupnya untuk membuat Jepang dan dunia menjadi tempat yang lebih baik," cuitnya.

Modi juga mengatakan, India akan menandai hari berkabung nasional pada hari Sabtu sebagai tanda rasa hormat kami yang terdalam.

Britania Raya

Perdana Menteri Boris Johnson menyebut kematian Abe sangat menyedihkan. "Kepemimpinan globalnya melalui masa-masa yang belum dipetakan akan dikenang oleh banyak orang. Pikiran saya bersama keluarga, teman, dan orang-orang Jepang," tulisnya di Twitter.

"Inggris mendukung Anda di saat yang gelap dan menyedihkan ini," tambahnya.

Amerika Serikat (AS)

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menyebut Abe sebagai pemimpin dengan visi besar di sela-sela pertemuan Kelompok 20 di Bali, menggambarkan kematiannya sebagai sangat mengganggu.

"Perdana Menteri Abe adalah mitra yang luar biasa dan seseorang yang jelas-jelas pemimpin yang hebat," tambah Blinken, tidak ada yang membawa hubungan AS-Jepang ke tingkat yang baru."

Mantan presiden AS Donald Trump, yang pernah menyebut perdana menteri terbesar Abe Jepang, menyebut berita itu menghancurkan, menurut pernyataan yang dibagikan di Twitter oleh Dan Scavino, mantan Wakil Kepala Staf Komunikasi Gedung Putih.

"Ia adalah teman sejati saya dan, yang lebih penting, Amerika," tulis Trump, setelah berita penembakan Abe, menurut postingan tersebut. "Ini adalah pukulan luar biasa bagi orang-orang hebat di Jepang, yang sangat mencintai dan mengaguminya."

Taiwan

Kantor pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa masyarakat internasional telah kehilangan seorang pemimpin penting, dan Taiwan telah kehilangan seorang teman baik yang penting.

"Taiwan dan Jepang sama-sama negara demokrasi aturan hukum," kata pernyataan itu. "Pemerintah Taiwan mengutuk kekerasan dan tindakan ilegal."

Jepang dan Taiwan menikmati hubungan dekat tetapi tidak resmi yang semakin dalam dalam beberapa tahun terakhir, dengan status keamanan pulau demokratis yang berdampak langsung pada tetangganya.

China

Presiden China, Xi Jinping belum membuat pernyataan. Namun, juru bicara Kementerian Luar Negeri Zhao Lijian mengatakan China dikejutkan serangan itu pada konferensi pers reguler pada hari sebelumnya, mencatat penembakan itu tidak boleh dikaitkan dengan hubungan China-Jepang.

Kedutaan Besar China di Jepang mengatakan dalam sebuah pernyataan, Abe telah memberikan kontribusi untuk pengembangan dan peningkatan hubungan China-Jepang selama masa jabatannya sebagai perdana menteri Jepang, dan menyampaikan belasungkawa kepada keluarganya.

Abe menstabilkan hubungan Tokyo dengan Beijing saat menjabat, memulihkan kunjungan resmi dan membuka pintu negara bagi turis Tiongkok. Tetapi ketidakpercayaan membara, dan kunjungan Abe ke kuil kontroversial untuk menghormati korban perang Jepang, termasuk penjahat yang dihukum, beberapa hari setelah meninggalkan jabatannya membuat marah Beijing.

Australia

Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese mengatakan sedih atas kematian Abe, menyebut negarawan Jepang itu salah satu teman terdekat Australia di panggung dunia."

"Abe adalah pemimpin di Indo-Pasifik, memperjuangkan visi kawasan yang bebas dan terbuka," tambahnya dalam sebuah pernyataan. "Tuan Abe juga seorang raksasa di panggung dunia, seorang pemimpin di G7, G20 dan PBB. Warisannya adalah salah satu dampak global."

Korea Selatan

Presiden Korea Selatan, Yoon Suk Yeol menyebut penembakan itu sebagai tindakan kriminal yang tidak dapat diterima dan mengungkapkan kesedihan dan keterkejutan terdalam dalam sebuah pernyataan Jumat sore.

"Saya menyampaikan belasungkawa saya kepada keluarga yang ditinggalkan dan orang-orang Jepang yang telah kehilangan perdana menteri terlama dan politisi yang dihormati dalam sejarah konstitusi Jepang," kata Yoon.

Selandia Baru

Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern, yang negaranya telah memerangi kejahatan senjata selama masa jabatannya, mengatakan sangat terkejut dengan penembakan itu.

"Ia adalah salah satu pemimpin pertama yang saya temui ketika saya menjadi PM. Dia sangat berkomitmen pada perannya tetapi juga murah hati & baik hati," tulisnya di twitter. "Pikiran saya bersama istrinya dan orang-orang Jepang. Peristiwa seperti ini mengguncang kita semua sampai ke inti."

Perancis

Presiden Emmanuel Macron menulis dalam bahasa Prancis di Twitter, "Sangat terkejut dengan serangan keji di mana Abe menjadi korbannya. Pikiran saya bersama keluarga dan mereka yang dekat dengan perdana menteri yang hebat. Prancis bersama orang-orang Jepang."

Italia

Perdana Menteri Italia Mario Draghi mengatakan, "Pemerintah Italia mengutuk serangan terhadap Shinzo Abe. Italia mendukung dia dan penduduk Jepang di momen dramatis ini."

Israel

Presiden Israel, Isaac Herzog mengunggah di Twitter untuk mengatakan ia "ngeri dengan pembunuhan keji dari salah satu pemimpin paling terkemuka Jepang di zaman modern."

Indonesia

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, tuan rumah pertemuan G-20 di Bali, turut berduka cita atas pembunuhan tersebut. "Saya ingin menyampaikan simpati dan belasungkawa yang terdalam dari masyarakat dan pemerintah Indonesia kepada masyarakat dan pemerintah Jepang di saat duka ini,” katanya.

Thailand

Perdana Menteri Prayuth Chan-Ocha menyebut Abe sebagai orang dengan pengetahuan, kemampuan, dan pengalaman yang dicintai oleh semua orang terutama orang Jepang, dalam sebuah pernyataan Jumat.

Pemimpin Thailand itu memberikan penghormatan atas kontribusi Abe untuk memperkuat hubungan Jepang dengan negaranya, dengan mengatakan kunjungannya pada tahun 2013 menandai yang pertama oleh seorang pemimpin Jepang dalam 11 tahun.

Sumber: Bloomberg

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih