G7 Desak China Tekan Rusia untuk Hentikan Perang di Ukraina

Rabu, 29/06/2022 07:20 WIB

JAKARTA, Jurnas.com - Pemimpin G7 mendesak China untuk menegakkan prinsip penyelesaian sengketa secara damai dengan menekan Rusia untuk menghentikan invasinya ke Ukraina dan membatalkan klaim maritim ekspansifnya di Laut China Selatan.

G7 mengatakan, China harus menekan Rusia untuk menarik pasukan dari Ukraina segera dan tanpa syarat, merujuk pada keputusan Mahkamah Internasional bahwa Moskow menangguhkan operasi militernya, dan resolusi Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terkait.

Dalam sebuah komunike yang mengakhiri pertemuan puncak tiga hari mereka di Pegunungan Alpen Bavaria, G7 menyuarakan keprihatinan serius tentang situasi di Laut Cina Timur dan Selatan dan menentang upaya sepihak untuk mengubah status quo dengan kekerasan atau paksaan.

"Kami menekankan bahwa tidak ada dasar hukum untuk klaim maritim ekspansif China di Laut China Selatan," katanya.

Para pemimpin G7 mengatakan sangat prihatin tentang situasi hak asasi manusia di China, termasuk kerja paksa di Tibet dan Xinjiang. China juga harus menghormati komitmennya untuk menegakkan hak, kebebasan, dan otonomi tingkat tinggi di Hong Kong.

Dalam bahasa yang belum pernah terjadi sebelumnya, para pemimpin G7 juga menyoroti kebijakan non-pasar Tiongkok yang, menurut mereka, mendistorsi ekonomi global, dan mereka berkomitmen untuk bekerja sama untuk memastikan kesetaraan bagi bisnis dan pekerja mereka.

Sumber: Reuters

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Komisi I DPR: Pemerintah Perlu Dialog Multilateral Redam Konflik di Timur Tengah Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios