Kapal Perang Utama Rusia Tenggelam di Laut Hitam

Jum'at, 15/04/2022 08:20 WIB

KYIV, Jurnas.com - Kapal perang utama Rusia, Moskva di Laut Hitam tenggelam setelah ledakan dan kebakaran akibat meledakan amunisi. Kapal tersebut tenggelam saat hendak menepi ke pelabuhan dalam cuaca badai.

Rusia sebelumnya mengatakan, lebih dari 500 awak kapal penjelajah rudal era Soviet dievakuasi setelah amunisi di dalamnya meledak. Ukraina mengatakan pihaknya menabrak kapal perang dengan rudal anti-kapal Neptunus buatan Ukraina.

Rusia, yang belum mengakui serangan, mengatakan insiden itu sedang diselidiki. Reuters tidak dapat memverifikasi pernyataan apa pun, termasuk apakah kapal itu tenggelam.

"Sementara kapal penjelajah `Moskva` sedang ditarik ke pelabuhan tujuan, kapal kehilangan stabilitas karena kerusakan lambung akibat kebakaran," kata Kementerian Pertahanan Rusia.

"Dalam kondisi laut yang penuh badai, kapal itu tenggelam," katanya.

Insiden itu terjadi saat angkatan laut Rusia terus membombardir kota-kota Ukraina di Laut Hitam hampir 50 hari setelah meluncurkan invasi. Penduduk Odesa dan Mariupol, di Laut Azov yang berdekatan, telah bersiap untuk serangan baru Rusia.

Amerika Serikat (AS) mengatakan tidak memiliki informasi yang cukup untuk menentukan apakah Moskow terkena rudal. "(Tapi) tentu saja, dengan cara ini terungkap, ini merupakan pukulan besar bagi Rusia," kata penasihat keamanan nasional Jake Sullivan.

Pasukan Rusia telah mundur dari beberapa bagian utara Ukraina setelah menderita kerugian besar dan gagal merebut ibu kota Kyiv. Ukraina dan sekutu Baratnya mengatakan Moskow sedang melakukan serangan baru di wilayah Donbas timur.

Rusia melancarkan serangannya sebagian untuk mencegah Ukraina bergabung dengan NATO. Namun, invasi tersebut telah mendorong Finlandia, yang memiliki perbatasan panjang dengan Rusia, dan Swedia di dekatnya untuk mempertimbangkan bergabung dengan aliansi militer pimpinan AS.

Moskow memperingatkan NATO pada hari Kamis bahwa jika Swedia dan Finlandia bergabung, Rusia akan mengerahkan senjata nuklir dan rudal hipersonik di daerah kantong Rusia di Laut Baltik, di jantung Eropa.

Mengomentari kemunduran militer Rusia, Direktur CIA Williams Burns mengatakan ancaman Rusia yang berpotensi menggunakan senjata nuklir di Ukraina tidak dapat dianggap enteng, tetapi badan tersebut belum melihat banyak bukti praktis yang memperkuat kekhawatiran itu.

Pasukan Penanggulangan

Angkatan Laut Rusia telah menembakkan rudal jelajah ke Ukraina dan kegiatan Laut Hitamnya sangat penting untuk mendukung operasi darat di Selatan dan Timur, di mana ia berjuang untuk merebut kendali penuh atas pelabuhan Mariupol, target utamanya di Donbas.

Rusia mengatakan pada hari Rabu lebih dari 1.000 marinir Ukraina dari salah satu unit yang masih bertahan di Mariupol telah menyerah. Pejabat Ukraina tidak berkomentar.

Jika diambil, Mariupol akan menjadi kota besar pertama yang jatuh ke tangan pasukan Rusia sejak mereka menginvasi, memungkinkan Moskow untuk memperkuat koridor darat antara wilayah Donbas timur yang dikuasai separatis dan wilayah Krimea yang direbut dan dianeksasi pada tahun 2014.

Ukraina mengatakan ribuan orang diyakini tewas di Mariupol, di mana upaya sedang dilakukan untuk mengevakuasi warga sipil. Pada hari Kamis, kementerian pertahanan Rusia mengatakan 815 orang telah dievakuasi dari kota selama 24 jam terakhir. Ukraina mengatakan angka itu adalah 289.

Para pejabat Ukraina telah lama memperingatkan bahwa Rusia mengerahkan pasukan untuk serangan di Timur, termasuk di Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina.

Tetapi wakil menteri pertahanan Ukraina, Hanna Malyar, mengatakan pada hari Kamis bahwa Rusia juga mengerahkan pasukan di sepanjang perbatasan negara itu dengan Belarus dan wilayah Transdniestria yang memisahkan diri dari Moldova.

Moldova secara terpisah menuduh tentara Rusia mencoba merekrut orang-orang Moldova. Kementerian luar negeri Moskow tidak menanggapi permintaan komentar. Pihak berwenang di Transdniestria, yang berbatasan dengan Ukraina selatan, membantah Rusia sedang mempersiapkan pasukan di sana.

Maylar mengatakan bahwa penembakan di Kharkiv telah menewaskan empat warga sipil, dengan serangan rudal di sana dan di wilayah Donetsk dan Zaporizhzhia di Selatan. Gubernur Donetsk Pavlo Kyrylenko mengatakan tiga warga sipil tewas di wilayah tersebut.

Rusia mengatakan Ukraina telah melakukan serangan helikopter di wilayah Bryansk Rusia, yang terbaru dari beberapa serangan lintas perbatasan yang menurut Moskow dapat memicu serangan balasan di Kyiv.

Tujuh orang terluka dalam serangan Bryansk, yang menghantam bangunan tempat tinggal, kata para pejabat Rusia. Wilayah Rusia lainnya, Belgorod, mengatakan sebuah desa di sana diserang tetapi tidak ada yang terluka. Pernyataan kedua belah pihak tidak dapat diverifikasi. Militer Ukraina tidak membalas permintaan komentar.

Sumber: Reuters

TERKINI
Gelora Cap PKS sebagai Pengadu Domba: Tolak Gabung Koalisi Prabowo-Gibran Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Komisi I DPR: Pemerintah Perlu Dialog Multilateral Redam Konflik di Timur Tengah Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025