Kapal Armada Laut Hitam Rusia Rusak Parah

Kamis, 14/04/2022 12:28 WIB

Moskow, Jurnas.com - Kapal utama armada Laut Hitam Rusia, kapal penjelajah rudal Moskva rusak parah dan awaknya dievakuasi setelah ledakan yang disebabkan oleh amunisi meledak.

"Rudal Neptunus yang menjaga Laut Hitam menyebabkan kerusakan yang sangat serius," kata Kementerian Pertahanan Rusia dalam sebuah pernyataan dikutip dari Reuters, Kamis (14/4).

Moskow adalah kapal besar kedua yang diketahui mengalami kerusakan serius sejak dimulainya perang. Bulan lalu, Ukraina mengatakan telah menghancurkan kapal pendukung pendaratan, Orsk, di Laut Azov yang lebih kecil.

Angkatan Laut Rusia telah meluncurkan rudal jelajah ke Ukraina dan operasinya di Laut Hitam sangat penting untuk mendukung operasi darat di selatan dan timur Ukraina.

Kantor berita Rusia mengatakan Moskow, yang ditugaskan pada tahun 1983, dipersenjatai dengan 16 rudal jelajah "Vulkan" anti-kapal dengan jangkauan setidaknya 700 km.

Seorang pejabat Ukraina sebelumnya mengatakan Moskow telah dihantam oleh dua rudal anti-kapal tetapi tidak memberikan bukti apa pun. Kapal berbobot 12.500 ton biasanya memiliki awak sekitar 500 orang.

Ukraina memperingatkan bahwa Rusia meningkatkan upaya di selatan dan timur ketika mencoba untuk merebut kendali penuh dari pelabuhan Mariupol yang terkepung.

Rusia mengatakan 1.026 tentara dari Brigade Marinir ke-36 Ukraina, termasuk 162 perwira, telah menyerah di Mariupol, dan kota itu sepenuhnya di bawah kendalinya.

Merebut distrik industri Azovstal, tempat marinir bersembunyi, akan memberi Rusia kendali atas pelabuhan Laut Azov utama Ukraina, memperkuat koridor darat selatan dan memperluas pendudukannya di Timur negara itu.

Staf umum Ukraina mengatakan pasukan Rusia menyerang Azovstal dan pelabuhan, tetapi juru bicara kementerian pertahanan mengatakan dia tidak memiliki informasi tentang penyerahan diri.

"Pasukan Rusia meningkatkan aktivitas mereka di front selatan dan timur, berusaha membalas kekalahan mereka," kata Presiden Volodymyr Zelenskyy dalam pidato video Rabu malam.

Wartawan Reuters yang menemani separatis yang didukung Rusia melihat api mengepul dari daerah Azovstal pada hari Selasa, sehari setelah Brigade Marinir ke-36 Ukraina mengatakan pasukannya kehabisan amunisi.

AS pada Rabu mengatakan bantuan militer tambahan senilai US$800 juta termasuk sistem artileri, pengangkut personel lapis baja, dan helikopter. Ini membuat total bantuan militer AS menjadi lebih dari US$2,5 miliar. Prancis dan Jerman juga menjanjikan lebih.

Pejabat senior AS sedang mempertimbangkan apakah akan mengirim seorang anggota kabinet penting seperti Menteri Luar Negeri Antony Blinken dan Menteri Pertahanan Austin Lloyd ke Kyiv untuk menunjukkan solidaritas, sebuah sumber yang mengetahui situasi tersebut mengatakan.

Rusia akan melihat kendaraan AS dan NATO yang mengangkut senjata di wilayah Ukraina sebagai target militer yang sah, kata Wakil Menteri Luar Negeri Sergei Ryabkov kepada kantor berita TASS.

Ini akan menjatuhkan sanksi tit-for-tat pada 398 anggota DPR AS dan 87 senator Kanada, Interfax mengutip kementerian luar negeri mengatakan setelah Washington menargetkan 328 anggota majelis rendah parlemen Rusia.

Inggris mengumumkan langkah-langkah keuangan baru pada separatis, dan Australia memberlakukan sanksi keuangan yang ditargetkan pada 14 perusahaan milik negara Rusia pada hari Kamis.

Fiji mengatakan sedang menyelidiki kedatangan superyacht Amadea, milik miliarder Rusia Suleiman Kerimov, yang telah disetujui oleh Amerika Serikat, Inggris dan Uni Eropa.

Sumber: Reuters

TERKINI
Gara-gara Masalah Pita Suara, Jon Bon Jovi Anggap Shania Twain Adiknya Reaksi Taylor Swift saat The Tortured Poets Department Tembus 2,6 Juta Unit dalam Seminggu Disindir di Album TTPD Taylor Swift, Bagaimana Kabar Joe Alwyn Sekarang? Fantastis! Travis Kelce Berhasil Lelang Tiket Eras Tour Taylor Swift Senilai Rp1,2 Miliar