Sekjen PBB Serukan Penyelidikan Independen atas Kematian Warga Sipil di Ukraina

Senin, 04/04/2022 06:54 WIB

WASHINGTON, Jurnas.com - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyerukan penyelidikan independen yang mengarah pada akuntabilitas yang efektif. Hal itu disampaikan setelah laporan warga sipil tewas di kota Bucha di Ukraina.

Dikutip dari Reuters pada Senin (4/4), Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres menulis di Twitternya sehari setelah saksi dan pejabat mengatakan bahwa pasukan Rusia membunuh hampir 300 warga sipil saat mereka mundur dari kota dekat Kyiv.

"Saya sangat terkejut dengan gambar warga sipil yang membunuh Fantin Bucha, Ukraina," kata Guterres, bergabung dengan pejabat Barat dalam mengungkapkan kemarahan.

"Sangat penting bahwa penyelidikan independen mengarah pada akuntabilitas yang efektif," katanya.

Kementerian Pertahanan Rusia membantah bahwa pasukan Rusia membunuh warga sipil di Bucha, dengan mengatakan bahwa video dan foto mayat adalah provokasi lain oleh pemerintah Ukraina.

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih