Rusia Serang Fasilitas Penyimpanan Bahan Bakar Ukraina dengan Rudal Jelajah

Minggu, 20/03/2022 15:50 WIB

Moskow, Jurnas.com - Kementerian Pertahanan Rusia megnatakan, Rusia menyerang Ukraina dengan rudal jelajah dari kapal di Laut Hitam dan Laut Kaspia, dan meluncurkan rudal hipersonik dari wilayah udara Krimea.

Dikutip dari Reuters pada Minggu (20/3), juru bicara Kementerian Pertahanan Igor Konashenkov mengatakan Rusia telah melakukan serangan terhadap infrastruktur militer Ukraina pada Sabtu malam dan Minggu pagi.

"Rudal jelajah Kalibr diluncurkan dari perairan Laut Hitam ke pabrik Nizhyn yang memperbaiki kendaraan lapis baja Ukraina yang rusak dalam pertempuran itu," katanya pada Minggu (20/3).

Rusia menembakkan rudal jelajah Kalibr dari Laut Kaspia dan rudal hipersonik Kinzhal (Belati) dari wilayah udara Krimea, semenanjung Rusia yang dianeksasi dari Ukraina pada 2014, untuk menghancurkan fasilitas penyimpanan bahan bakar yang digunakan oleh militer Ukraina.

Rusia juga menyerang pusat persiapan militer Ukraina di mana para pejuang asing yang bergabung dengan pasukan Kyiv bermarkas.

Invasi Rusia ke Ukraina telah menewaskan ribuan orang, membuat lebih dari 3 juta orang mengungsi dan menimbulkan kekhawatiran akan konfrontasi yang lebih luas antara Rusia dan Amerika Serikat (AS), dua kekuatan nuklir terbesar dunia.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan "operasi militer khusus" di Ukraina diperlukan karena AS menggunakan negara itu untuk mengancam Rusia dan Rusia harus bertahan melawan "genosida" orang-orang berbahasa Rusia oleh Ukraina.

Ukraina mengatakan sedang berjuang untuk keberadaannya dan bahwa klaim genosida Putin adalah omong kosong.

Barat telah memberlakukan sanksi besar-besaran terhadap Rusia yang menurut Kremlin sama dengan deklarasi perang ekonomi oleh Amerika Serikat dan sekutunya.

TERKINI
Genjot Penjualan di China, Toyota Gandeng Tencent Toyota Kenalkan Dua Varian Mobil Listrik untuk Pasar China Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore