Dorong Perusahaan Otomotif Jual Mobil Terbaik

Sabtu, 17/12/2016 17:25 WIB

Jakarta - iCar Asia, sebagai jaringan portal otomotif nomor satu di ASEAN, baru saja mengumumkan para pemenang ASEAN Car of the Year 2016. Seperti tahun-tahun sebelumnya, ACOTY 2016 kali ini melibatkan tiga negara dengan penjualan otomotif terbesar di ASEAN, yakni Indonesia, Malaysia dan Thailand.

Alif Priyono, Country Manager iCar Asia di Indonesia dengan brand Mobil123 dan Otospirit menngungkapkan, penghargaan ini salah satu bentuk apresiasi kepada produsen otomotif dalam memenuhi kebutuhan para konsumen mobil di ASEAN khusus Indonesia.

"ASEAN Car of the Year 2016 untuk mendorong perusahaan-perusahaan otomotif untuk bersaing menjual mobil-mobil terbaik bagi para pelanggan. Penghargaan ini sekaligus bentuk pengakuan bahwa mobil adalah sebuah kebutuhan penting di tengah masyakat Indonesia," kata Alif dalam sambutannya di Jakarta, baru-baru ini.

Pemenang ACOTY 2016, dipilih oleh satu panel juri yang terdiri dari para jurnalis-jurnalis di iCar Asia serta dari sejumlah media lainnya, yang turut melakukan penjurian sejak 24 Oktober hingga 1 Desember 2016.

Sebelum melangkah ke babak tertinggi ACOTY, di masing-masing negara para juri memberikan penilaian terhadap mobil yang sedang dijual di masing-masing negara, dan dibagi berdasarkan beberapa kategori atau kelas sesuai pasar. Khusus untuk Indonesia sendiri terdapat ada 27 kategori.

Selanjutnya mobil-mobil yang berhak masuk ke babak ACOTY harus merupakan pemenang kategori dan harus dijual di tiga negara sekaligus. Di sini para pemenang kategori bersaing secara ketat untuk meraih gelar best of the best ACOTY 2016.

Ada pun kriteria penjurian adalah price; safety yang meliputi safety telematics, active safety, passive safety; performance yang terdiri dari ride comfort, handling, engine performance; serta quality berupa fit & finish (kualitas interior kabin penumpang), interior design, serta exterior design.

Mobil asal Jepang Mazda CX-5 dinobatkan sebagai pemenang ASEAN Car of the Year (ACOTY) 2016. Sementara itu, first runner-up diraih oleh Honda Civic dan second runner-up direbut mobil asal Jerman Mercedes-Benz C-Class. Ketiga mobil dari dua negara berbeda itu berhasil menarik perhatian dewan juri asal Indonesia, Malaysia dan Thailand.

Penjurian dilakukan berdasarkan nilai yang dimiliki oleh para juri. Setiap juri diwajibkan memberikan range angka 1-10 untuk memilih mobil terbaik pada masing-masing kategori finalis ASEAN Car of the Year 2016.

"Kami mencoba memadukan karakter konsumen dari tiga negara. Dan hasil ASEAN Car of the Year 2016 kami harapkan bisa menjadi panduan bagi para calon konsumen di dalam negeri dalam hal membeli mobil," jelas Arie Prasetya, Ketua Dewan Juri. [yog]

 

TERKINI
Aktor Rio Reifan Ditangkap Kelima Kalinya di Kasus Narkoba CERI Laporkan Aspidum Kejati Jawa Timur ke Jaksa Agung Atas Dugaan Ini Gelora Cap PKS sebagai Pengadu Domba: Tolak Gabung Koalisi Prabowo-Gibran Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa