Rusia/Ukraina Perang, MENA Hadapi Krisis Gandum

Rabu, 02/03/2022 09:40 WIB

Istanbul, Jurnas.com - Saat dua produsen gandum utama dunia berperang habis-habisan, hari esok tampak suram bagi negara-negara Timur Tengah dan Afrika Utara (MENA) yang membutuhkan gandum dari Ukraina dan Rusia.

Rusia adalah pengekspor gandum nomor satu di dunia dan produsen terbesar setelah China dan India. Sementara itu, Ukraina termasuk di antara lima pengekspor gandum teratas di dunia.

Panen gandum dimulai pada Juli dan hasil tahun ini diharapkan sehat, artinya pasokan melimpah untuk pasar global dalam kondisi normal. Tetapi perang yang berkepanjangan di Ukraina dapat mempengaruhi panen di negara itu, dan oleh karena itu pasokan global," kata Karabekir Akkoyunlu, seorang dosen politik Timur Tengah di SOAS, Universitas London kepada Al Jazeera.

Selain itu, rencana pengusiran beberapa bank Rusia dari sistem perbankan internasional SWIFT sebagai pembalasan atas invasi Moskow ke Ukraina diperkirakan akan memukul ekspor negara itu.

"Pada saat krisis pangan global dan gangguan rantai pasokan akibat pandemi virus corona (COVID-19), ini menjadi perhatian nyata dan telah mendorong harga ke level rekor," katanya.

Meskipun Turki secara domestik memproduksi sekitar setengah dari gandum yang dikonsumsinya, negara itu menjadi semakin bergantung pada impor, 85 persen di antaranya berasal dari Rusia dan Ukraina.

Impor gandum Ankara dari Ukraina mencapai tingkat rekor pada tahun 2021, menurut data resmi dari Institut Statistik Turki.

"Pemerintah Turki mengatakan negara itu memiliki kapasitas produksi untuk menutupi kerugian dalam impor gandum, tetapi meskipun demikian, ini akan mendongkrak biaya secara signifikan," kata Akkoyunlu.

"Perang yang berlarut-larut akan membuat tahun yang sulit menjadi lebih buruk bagi rata-rata warga Turki, yang telah melihat roti mereka menjadi lebih ringan tetapi lebih mahal, dan harus membayar tagihan listrik yang besar," sambungnya.

"Mendekati tahun pemilihan, ini akan meningkatkan tekanan pada pemerintah (Presiden Recep Tayyip Erdogan), yang kalah dari oposisi di sebagian besar jajak pendapat," katanya.

Kenaikan harga dan pasokan yang tidak mencukupi telah mempengaruhi negara-negara yang tertekan secara ekonomi di Timur Tengah dan Afrika Utara yang membeli sebagian besar gandum mereka dari Rusia dan Ukraina, membawa mereka ke ambang krisis.

"Ukraina memasok biji-bijian dalam jumlah besar ke sebagian besar negara-negara ini dan banyak dari tempat-tempat ini sudah berada di ujung tanduk. Hal kecil yang lebih mengganggu harga roti dapat benar-benar memicu banyak gejolak," Monica Marks, seorang profesor politik Timur Tengah di Universitas New York Abu Dhabi, mengatakan kepada Al Jazeera.

"Tidak seperti Turki, sebagian besar ekonomi di dunia Arab sangat bergantung pada impor gandum. Mesir jauh dari ujung spektrum yang bergantung. Mesir bergantung pada Rusia dan Ukraina untuk 85 persen impor gandumnya, Tunisia bergantung pada Ukraina untuk antara 50 dan 60 persen impor gandumnya,” katanya.

Marks mengatakan bahwa Tunisia sudah "benar-benar menghadapi tembok ekonomi ... banyak orang di Tunisia berbicara tentang potensi skenario Lebanon, dan mereka tidak gila," sambungnya.

Ia mengutip laporan bahwa pemerintah Tunisia tidak mampu membayar pengiriman gandum yang masuk, dan mengatakan ada kekurangan yang meluas dari produk biji-bijian seperti pasta dan couscous, yang merupakan porsi signifikan dari makanan Tunisia.

Akkoyunlu juga mencatat bahwa Mesir, Tunisia dan Lebanon, selain Yaman dan Sudan berada pada risiko besar dari lonjakan harga dan lonjakan permintaan.

Sementara perang antara Rusia dan Ukraina meningkat, potensi penurunan ekspor gandum dari tanah subur mereka akan terasa di negara-negara rentan mulai dari ujung Afrika Utara hingga Levant.

Marks mengatakan bahwa sementara Maroko tidak begitu bergantung pada beberapa tetangganya pada impor gandum, saat ini mengalami kekeringan terburuk dalam 30 tahun, mengakibatkan lonjakan harga pangan yang pada akhirnya akan memaksa pemerintah untuk menaikkan impor biji-bijian dan subsidi.

"Ada juga banyak ketergantungan berat, bahkan di negara-negara yang memiliki sumber daya hidrokarbon yang kami asumsikan akan berada dalam posisi yang lebih baik untuk menghadapi badai, seperti Aljazair atau Libya," kata Marks.

Mengingat peran roti sebagai komoditas bermuatan politik di bagian dunia ini, tekanan lebih lanjut pada pasokan gandum dan kenaikan harga bahkan dapat memicu pemberontakan.

"Roti telah menjadi penyebab utama dan simbol pemberontakan rakyat di Mesir dan Tunisia sejak tahun 1970-an dan 80-an. Revolusi Mesir pada 2011 didahului oleh kekeringan besar di Eurasia dan kenaikan harga roti yang sesuai,” kata Akkoyunlu.

Sumber: Al Jazeera

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih