Ukraina Pastikan Langitnya Aman Dilintasi

Selasa, 22/02/2022 06:12 WIB

KYIV, Jurnas.com -  Ukraina bersikeras bahwa koridor udaranya masih terbuka dan terbang ke negara Eropa Timur itu aman. Hal itu disampaikan setelah 10 maskapai berhenti terbang di wilayah tersebut setelah peringatan Amerika Serikat (AS) tentang serangan pasukan Rusia.

Lufthansa Jerman mengatakan pihaknya menghentikan penerbangan ke Ukraina mulai Senin, bergabung dengan KLM yang telah melakukannya.

Maskapai Skandinavia SAS juga menangguhkan penerbangan mingguan sementara Air France telah memutuskan untuk membatalkan penerbangan Selasa antara Paris dan Kyiv sebagai "tindakan pencegahan".

"Pembatalan penerbangan saat ini oleh sejumlah maskapai asing ditentukan semata-mata oleh informasi yang memperburuk situasi, dan bukan oleh perubahan nyata dalam keselamatan penerbangan," kata Menteri Infrastruktur Ukraina, Oleksander Kubrakov dalam jumpa pers.

Ia tidak menyebutkan nama maskapai dan mengatakan bahwa negara sedang bekerja untuk mengganti penerbangan yang dibatalkan.

Kubrakov mengatakan Ukraine International Airlines (UIA) telah membuka penjualan tiket dan meningkatkan kapasitas pesawat pada penerbangan tambahan dari Kyiv ke Munich dan Jenewa, yang tidak dapat dioperasikan oleh Lufthansa.

UIA mengatakan 13 pesawat masih aktif. Maskapai ini memiliki total 26 pesawat dalam armadanya tetapi sembilan dari mereka meninggalkan negara itu minggu lalu untuk lokasi penyimpanan di Eropa, termasuk tujuh pada 14 Februari saja, menurut data pelacakan Flightradar24.

Eksodus itu terjadi setelah dua maskapai penerbangan Ukraina mengungkapkan masalah dalam mengamankan asuransi untuk beberapa penerbangan mereka saat Rusia mengerahkan kekuatan militer besar di perbatasannya.

Rusia dan Ukraina keduanya mengisyaratkan upaya diplomatik baru untuk menghindari konflik pada Senin, tetapi maskapai terbesar Ukraina mengatakan perusahaan asuransinya menghentikan perlindungan setidaknya beberapa pesawatnya pada penerbangan di dalam wilayah udara Ukraina.

Namun, satu perusahaan asuransi membantah maskapai menarik diri karena kurangnya perlindungan. "Kami terus mendukung banyak maskapai penerbangan yang terbang ke wilayah tersebut," kata Bruce Carman, kepala penjamin emisi di Hive Aero di London.

UIA mengoperasikan campuran pesawat penumpang jarak menengah Boeing 737 dan armada yang lebih kecil dari jet regional Embraer E190/195. Tiga jet Boeing jarak jauh yang lebih besar dihentikan selama pandemi.

TERKINI
Anak Buah Arne Slot Bakal Menyusul Gabung Liverpool Unggah Foto Dirinya Menangis, Instagram Justin Bieber Diserbu Penggemar Mitsubishi Fuso Dukung Jambore Canter Mania di Jambi Gara-gara Masalah Pita Suara, Jon Bon Jovi Anggap Shania Twain Adiknya