Erdogan Teken 13 Pernjanjian Kerja Sama Selama Kunjungan di UEA

Selasa, 15/02/2022 10:22 WIB

LONDON, Jurnas.com - Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan tiba di Uni Emirat Arab (UEA) pada Senin untuk kunjungan dua hari. Ia disambut Putra Mahkota Abu Dhabi, Sheikh Mohamed bin Zayed Al-Nahyan dan Wakil Perdana Menteri UEA Sheikh Mansour bin Zayed Al-Nahyan.

Dilaporkan, Sheikh Mohamed dan Erdogan membahas hubungan bilateral dan prospek baru yang menjanjikan untuk kerja sama dan kerja sama antara UEA dan Turki di berbagai bidang yang melayani kepentingan bersama.

Kedua pemimpin juga bertukar pandangan tentang sejumlah isu dan perkembangan di Timur Tengah, dan sepakat akan pentingnya mendukung upaya dan solusi damai yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan, perdamaian, dan stabilitas di kawasan.

Putra mahkota berharap kunjungan itu akan menciptakan momentum lebih lanjut untuk memperkuat kerja sama dan membangun fase kemitraan baru yang menjadi kepentingan kedua negara, rakyat mereka, dan kawasan.

Sheikh Mohamed menyatakan penghargaannya atas kecaman Turki atas serangan teroris Houthi di situs-situs sipil di UEA dan solidaritas Ankara dengan negara itu dalam menghadapi serangan kriminal semacam itu.

Putra mahkota berharap Turki melanjutkan keamanan, stabilitas, dan kemakmuran.

WAM melaporkan, UEA dan Turki menandatangani 13 perjanjian kerja sama di berbagai sektor.

Kesepakatan tersebut bertujuan untuk memperkuat kerja sama dan memperluas kemitraan antara kedua negara di beberapa bidang termasuk investasi, kesehatan, pertanian, transportasi, industri, teknologi maju, aksi iklim, budaya, dan pemuda.

Sheikh Mohamed mengunjungi Turki pada November tahun lalu dan kedua belah pihak menandatangani perjanjian dan nota kesepahaman selama kunjungan tersebut.

Ia mengatakan perjanjian meletakkan dasar untuk peluncuran ekonomi baru dan kemitraan perdagangan antara kedua negara, dan menekankan keinginan UEA untuk memperkuat kemitraan ini dan mengembangkannya untuk menggandakan volume pertukaran perdagangan.

Presiden Erdogan akan menghadiri Expo 2020 di Dubai pada hari Selasa untuk merayakan Hari Nasional Turki di pameran dunia.

Pada Minggu, penasihat diplomatik Presiden UEA mengatakan kunjungan Erdogan akan membuka halaman baru dalam hubungan antara kedua negara.

"Kunjungan Erdogan akan mengubah halaman positif baru dalam hubungan bilateral antara kedua negara, dan sejalan dengan tujuan UEA untuk memperkuat jembatan komunikasi dan kerja sama untuk mencapai stabilitas dan kemakmuran di kawasan itu," kata Anwar Gargash.

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih