Perjuangan Erick Thohir Membersihkan BUMN dari Koruptor

Rabu, 09/02/2022 14:05 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir terus berupaya membersihkan koruptor di tubuh perusahaan pelat merah. Hal itu sebagai cara agar BUMN mampu meningkatkan keuntungan.

Erick menuturkan upaya pembersihan BUMN telah terbukti memberikan dampak positif. Menurutnya, membuat BUMN sehat adalah seuatu yang penting. Sehingga, dia tidak segan membersihkan BUMN yang terindikasi korupsi, seperti di PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dan PT Asabri (Persero).

“Sejak tahun 2006 hingga 2013, tidak ada penyelesaian. Sekarang kami selesaikan Jiwasraya dan Asabri. Karena apa? Itu korupsi yang amat sangat menyakitkan. Uang pensiunan diambil,” jelas Erick.

Lebih lanjut, Erick juga mendorong perbaikan undang-undang keuangan supaya kasus korupsi seperti di Jiwasraya dan Asabri bisa ditekan.

“Ya paling tidak harus ditekan. Kalau dihapus enggak mungkin. Dari zaman dahulu korupsi sudah ada. Tapi harus menekan kasus korupsi dengan perbaikan sistem,” ujar Erick.

Dia juga mendorong perbaikan sektor asuransi. Menurutnya, asuransi saat ini banyak menjadi kedok penipuan. Dia juga mendorong undang-undang asuransi sama dengan undang-undang perbankan.

“Di perbankan, kalau ada apa-apa di bank, pemiliknya bertanggung jawab. Pemiliknya harus ngasih [ganti] uang atau masuk penjara. Sedangkan, di asuransi belum sama aturannya. Itu kami dorong juga,” tutur Erick.

Pada 2020, total keuntungan BUMN hanya Rp13 triliun. Tetapi, angka keuntungan itu melonjak beberapa kali lipat pada 2021, yakni Rp61 triliun.

“Itu setelah ada transformasi dan perbaikan. Penataan orang dibenarkan,” kata Erick.

Keuntungan itu, lanjutnya, digunakan pemerintah membiayai program bagi masyarakat, seperti vaksin Covid-19, listrik gratis bagi masyarakat, dan lainnya. Pendapatan negara bukan hanya dari pajak, tetapi juga deviden BUMN.

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih