Tak Ingin Bergantung SDA, Erick Thohir Ingin Tingkatkan Kualitas Manusia

Minggu, 23/01/2022 11:53 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mengatakan, sumber daya alam bukan satu-satunya andalan untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan bangsa. Dimana, sumber daya manusia (SDM) juga harus menjadi andalan.

"SDM menjadi komponen terpenting dalam upaya peningkatan perekonomian dan kesejahteraan bangsa Indonesia, apalagi seperti diketahui pada 2034 mayoritas warga Indonesia berusia muda atau di bawah 40 tahun, maka dari itu, sejak saya menjabat Kementerian BUMN terus mendorong peningkatan kualitas dan kompetensi SDM untuk membangkitkan bangsa ini," kata Erick dilansir dari Antara.

Erick menuturkan telah mengubah strategi penyaluran corporate social responsibility (CSR) dari perusahaan BUMN. Mulai tahun lalu, dia berkata penyalurannya diprioritaskan kepada SDM seperti bea siswa, pendampingan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), dan sebagainya.

Lebih lanjut, dia juga berkata pihaknya memprioritaskan penyaluran CSR untuk program beasiswa anak Indonesia untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas, memiliki kemampuan dan berkompeten.

Pasalnya, Erick menyebut beberapa tahun ke depan mayoritas rakyat Indonesia berusia muda atau di bawah 40 tahun.

Sehingga, Erick menilai sejak dini mempersiapkan SDM untuk bisa mengubah strategi bangsa agar mampu berkompetisi dengan negara lain bahkan harus menjadi yang terdepan.

Jika tidak diubah strateginya dari sekarang, dia khawatir bangsa ini akan semakin ketergantungan dengan SDA yang lama kelamaan jika terus digunakan untuk kebutuhan manusia akan habis.

"Jika kita tidak mendorong kebangkitan manusia Indonesia maka akan menjadi kendala ke depan, sebab yang paling dicari saat ini adalah SDM yang memiliki kemampuan dan berjiwa kompeten," tambahnya.

Lebih dari itu, Erick mengatakan CSR yang diberikan berbagai perusahaan BUMN merupakan bentuk apresiasi dan terima kasih yang telah berjuang menjadi garda terdepan dalam membangun bangsa hingga penanganan pandemi COVID-19.

TERKINI
Sinergi Kementan-Kodim 1910 Malinau Tingkatkan Produksi dengan Perluas Areal Tanam Baru Kejagung Bakal Sita Aset Sandra Dewi Jika Terima Uang Korupsi Timah KPK Nonaktifkan Dua Rutan Buntut Kasus Pungli KPK Sita Rp48,5 Miliar Terkait Suap Bupati Labuhanbatu