Sekjen PBB: Vaksinasi Seluruh Dunia untuk Akhiri Pandemi COVID-19

Selasa, 18/01/2022 07:45 WIB

Davos, Jurnas.com - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (Sekjen PBB), Antonio Guterres mengatakan pada Senin dunia harus memvaksinasi semua orang terhadap COVID-19 untuk keluar dari pandemi.

"Dua tahun terakhir telah menunjukkan kebenaran yang sederhana namun brutal - jika kita meninggalkan siapa pun, kita meninggalkan semua orang," kata Guterres pada Forum Ekonomi Dunia, dikutip dari AFP, Selasa (18/1)

"Jika kami gagal memvaksinasi setiap orang, kami memunculkan varian baru yang menyebar melintasi perbatasan dan membuat kehidupan sehari-hari dan ekonomi terhenti," sambungnya.

Guterres mengataka,n komunitas internasional perlu menghadapi pandemi dengan kesetaraan dan keadilan.

Ia mencatat bahwa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meluncurkan strategi musim gugur lalu untuk memvaksinasi 40 persen populasi planet ini pada akhir 2021 dan 70 persen pada pertengahan tahun ini.

"Kami tidak mendekati target ini," kata Guterres.

"Tingkat vaksinasi di negara-negara berpenghasilan tinggi, memalukan, tujuh kali lebih tinggi daripada di negara-negara Afrika. Kami membutuhkan kesetaraan vaksin, sekarang," tambahnya.

Guterres mengatakan perusahaan farmasi harus "berdiri dalam solidaritas dengan negara-negara berkembang dengan berbagi lisensi, pengetahuan dan teknologi sehingga kita semua dapat menemukan jalan keluar dari pandemi ini."

TERKINI
Unggah Foto Dirinya Menangis, Instagram Justin Bieber Diserbu Penggemar Gara-gara Masalah Pita Suara, Jon Bon Jovi Anggap Shania Twain Adiknya Reaksi Taylor Swift saat The Tortured Poets Department Tembus 2,6 Juta Unit dalam Seminggu Disindir di Album TTPD Taylor Swift, Bagaimana Kabar Joe Alwyn Sekarang?