Kepala BKKBN Apresiasi Boyolali Mampu Tekan Stunting hingga 10 Persen

Rabu, 29/12/2021 22:07 WIB

 

JAKARTA, Jurnas.com  - Program Pendampingan, Konseling dan Pemeriksaan Kesehatan dalam Tiga Bulan Pra Nikah sebagai Upaya Pencegahan Stunting dari Hulu kepada Calon Pengantin resmi diluncurkan di Pendopo Gede Boyolali, Kabupaten Boyolali, Rabu (29/12).

Program yang digagas Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) tersebut, diluncurkan langsung secara virtual Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo menjelaskan, Boyolali jadi tempat peluncuran program tersebut karena angka stunting di Kabupaten yang berjuluk Kota Susu itu di bawah 10 persen.
"Lauching kali ini kita di Boyolali karena angka stunting Boyolali bisa menjadi contoh sudah di bawah 10 persen. Saya berharap sekali dari sini bisa menjadi contoh nasional," kata Hasto.

Mantan bupati Kulon Progro itu mengapresiasi Kabupaten Boyolali karena  memiliki angka stunting terendah di Jawa Tengah, yakni di bawah 10 persen.

"Kami mengapresiasi Kabupaten Boyolali yang memiliki angka stunting terendah di Jawa Tengah yakni di bawah 10 persen," kata Hasto.

Jawa Tengah sendiri tercatat sebagai provinsi terbesar di Indonesia dengan angka stunting terendah yaitu 20 persen, disusul Jawa Timur 23 persen, dan Jawa Barat sebesar 24 persen.

Di tempat yang sama, Bupati Boyolali, M. Said Hidayat menyampaikan terima kasih karena Boyolali ditunjuk acara peluncuran pendampingan, konseling, dan pemeriksaan kesehatan bagi para calon pengantin.

"Tentunya saya berterima kasih karena Boyolali ditunjuk  ditempati sebagia penyelenggaraan untuk launcing program ini," kata dia kepada Jurnas.com.

Dia menilai program tersebut sebagai upaya percepatan langkah-langkah bersama baik dari kementerian maupun lembaga untuk penanganan penurunan stunting, yang saat ini masih di angka 27,7 persen.

"Kabupaten Boyolali sangat mendukung yang kita laksanakan ini. Harapa kami, Kabupaten Boyolali dalam hitungan  tahun demi tahun kasus stutning terus menurun hingga nol stunting," kata dia.

TERKINI
Dasco Pastikan Daftar Kabinet Prabowo-Gibran yang Beredar Tidak Benar Dunia Alami Krisis Guru, Ini Saran PGRI ke Pemerintah Genjot Penjualan di China, Toyota Gandeng Tencent Toyota Kenalkan Dua Varian Mobil Listrik untuk Pasar China