Transjakarta Sering Kecelakaan, Jusuf Rizal Semprit Anies Baswedan

Jum'at, 24/12/2021 08:03 WIB

Jakarta, Jurnas.com — Ketua Umum Federasi Serikat Pekerja Transport Seluruh Indonesia (FSPTSI)-KSPSI (Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia) HM. Jusuf Rizal mendesak Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan agar mengevaluasi kinerja Transjakarta yang sering kecelakaan.

"Transjakarta kerap mengalami kecelakaan dan membuat mayarakat pengguna khawatir," ungkap Jusuf Rizal menjawab pertanyaan awak media di Jakarta, Jumat (24/12/2021).

Pernyataan Jusuf Rizal ini didukung data dari Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo, bahwa ada 14 kecelakaan bus Transjakarta dalam kurun waktu dua bulan terakhir.

Karena ini menyangkut layanan transportasi yang melibatkan SDM Pengemudi, Jusuf Rizal mengingatkan agar Transjakarta melakukan langkah perbaikan, sehingga berbagai kecelakaan dapat dihindari.

“FSPTSI menduga seringnya kecelakaan karena faktor SDM pengemudi yang kurang profesional. Berdasarian informasi, para pengemudi banyak kurang istirahat atau kelelahan,” tegas pria yang juga Presiden LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) berdarah Madura-Batak itu

Disebutkan para pengemudi setelah bekerja bisa sampai di rumah jam satu pagi, sementara pagi mereka sudah harus bekerja kembali. Tentu kurangnya istirahat dapat menurunkan stamina dan konsentrasi saat bekerja.

Untuk itu, Jusuf Rizal selalu Ketua Umum FSPTSI mendesak Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan agar melakukan perbaikan dan evaluasi kinerja Transjakarta agar operasional dapat mencapai “zero accident”.

“Sebaiknya pengemudi harus diberi istirahat minimal 24 jam agar mampu merecovery akibat kelelahan. Sebaiknya juga perlu dokter khusus yang menilai kesiapan pengemudi bekerja,” tutut Jusuf Rizal yang kini mewadahi para Driver-Biker-Ojek seluruh Indonesia (DBOKC) itu.

Selain itu para pengemudi harus disertifikasi melalui pendidikan kompetensi. Dengan demikian para pengemudi merupakan SDM yang profesional pada bidangnya yang memiliki disiplin dan berkinerja baik.

TERKINI
Sinergi Kementan-Kodim 1910 Malinau Tingkatkan Produksi dengan Perluas Areal Tanam Baru Kejagung Bakal Sita Aset Sandra Dewi Jika Terima Uang Korupsi Timah KPK Nonaktifkan Dua Rutan Buntut Kasus Pungli KPK Sita Rp48,5 Miliar Terkait Suap Bupati Labuhanbatu