Legislator Golkar Acungi Jempol Langkah Menperin Gaet Investor Gula Dubai

Senin, 08/11/2021 08:51 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Kerja keras Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita menggaet investor untuk berinvestasi di Indonesia diacungi jempol kalangan dewan. Langkah tersebut diyakini dapat meningkatkan produksi gula rafinasi nasional.

"Saya sangat mengapresiasi usaha yang dilakukan pak Menteri, kebijakan ini dalam rangka meningkatkan produksi gula nasional, khususnya gula rafinasi," kata Anggota Komisi VII DPR RI, Mukhtarudin dalam pesan elektronik yang dipancarluaskan, Senin (8/11).

Sekedar informasi, pabrik gula rafinasi melayani industri maminfar (makanan, minuman, farmasi) dan pabrik gula berbasis tebu menghasilkan gula konsumsi menuju swasembada gula nasional.

Kembali ke Mukhtarudin. Politisi Golkar ini mendorong Kemenperin menjamin ketersediaan bahan baku gula konsumsi dan rafinasi yang tertuang dalam Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) Nomor 3 Tahun 2021 tentang Jaminan Ketersediaan Bahan Baku Industri Gula Dalam Rangka Pemenuhan Kebutuhan Gula Nasional.

“Hal ini bertujuan menghindari terjadinya rembesan gula rafinasi ke pasar gula konsumsi, di samping memastikan penyerapan produksi tebu petani dan melindungi petani,” terang dia.

Selain memberikan jaminan ketersediaan bahan baku untuk gula konsumsi dan gula industri, aturan tersebut juga memberikan kejelasan demarkasi produksi masing-masing pabrik gula.

"Dengan begitu indonesia secara bertahap mengurangi ketergantungan impor gula rafinasi untuk kebutuhan industri kita," sambung Mukhtarudin.

Lebih lanjut, dia mengatakan kerjasama global yang saling menguntungkan adalah sebuah keniscayaan dalam usaha untuk melakukan percepatan dalam membangun industri di tanah air.

"Saya kira usaha Kemenperin ini mestinya didukung oleh seluruh stakeholder,  termasuk kami DPR RI, Komisi VII akan mendukung penuh kebijakan dan usaha untuk meningkatkan produksi gula nasional baik gula konsumsi yang berbasis tebu maupun gula rafinasi untuk kebutuhan industri," demikian Mukhtarudin.

Diketahui, Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa Al Khaleej Sugar Co (AKS) produsen gula terbesar nomor lima dunia tersebut berkomitmen untuk membangun pabrik gula di Indonesia dengan nilai investasi 2 miliar Dolar AS.

Komitmen itu disampaikan oleh Managing Director Al Khaleej Sugar Co. sekaligus Chairman Jamal A-Ghurair Group, Jamal Al-Ghurair saat bertemu dengan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Dubai.

 

"AKS akan berinvestasi pabrik gula terintegrasi di Indonesia. Selain memproduksi gula, AKS juga rencananya memproduki bioetanol dan listrik dari biomassa," kata Agus dalam keterangan resmi, Minggu (7/11).

TERKINI
Aktor Rio Reifan Ditangkap Kelima Kalinya di Kasus Narkoba CERI Laporkan Aspidum Kejati Jawa Timur ke Jaksa Agung Atas Dugaan Ini Gelora Cap PKS sebagai Pengadu Domba: Tolak Gabung Koalisi Prabowo-Gibran Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa