Pejabat Vietnam Makan Steak Rp 14 Juta Tuai Kecaman

Minggu, 07/11/2021 11:16 WIB

LONDON, Jurnas.com - Sebuah video seorang pejabat Vietnam menikmati gigitan steak yang disiram dengan daun emas di sebuah restoran mewah London menuai kemarahan di media sosial.

To Lam, yang merupakan Menteri Keamanan Publik Vienam terlihat menyelipkan sebongkah daging di Nusr-Et Steakhouse di daerah kaya Knightsbridge.

Nusr-Et, dinamai koki Turki Nusret Gokce, yang dikenal hampir 40 juta pengikut Instagram sebagai Salt Bae menyajikan steak yang dibungkus dengan daun emas 24 karat yang dapat dimakan, yang dilaporkan berharga lebih dari US$1.000 atau sekitar Rp 14 juta.

Selain David Beckham, Leonardo DiCaprio, dan Naomi Campbell, To Lam yang berusia 64 tahun telah menjadi salah satu pengunjung cabang restoran steak di seluruh dunia.

Dikutip dari AFP, video politisi Vietnam, yang awalnya diunggah oleh restoran sebelum dihapus, telah menyebar di TikTok dan Facebook di Vietnam pada Jumat (5/11).

Banyak dari mereka yang memposting marah tentang dekadensi yang dipamerkan sementara negara itu berjuang setelah gelombang dahsyat COVID-19 yang  menelan banyak pekerjaan dan menyebabkan kontraksi terberat dalam produk domestik bruto Vietnam dalam catatan.

"Orang-orang menghadapi kesulitan ekstrem karena pandemi, tetapi (pejabat) menikmati diri mereka sendiri dengan cara selebriti kelas dunia," tulis Pham Viet Duc di Facebook.

"Pemerintah selalu mengeluh kesulitan keuangan, tetapi mereka mencuri uang rakyat untuk kehidupan mewah ini seolah-olah tidak ada hari esok," katanya.

Yang lain memposting gambar anak-anak miskin di daerah paling miskin di Vietnam dalam komentar tentang klip itu. "Hanya kebetulan orang melihat video ini, tapi mereka selalu menghabiskan uang dengan cara ini atau seribu kali lebih banyak", kata Tommy Lee di Facebook.

Rata-rata warga Vietnam memperoleh pendapatan bulanan sekitar US$184 pada tahun 2020, menurut Kantor Statistik Umum negara tersebut.

Tidak jelas kapan tepatnya video itu direkam, tetapi Lam berada di Inggris untuk konferensi iklim COP26 dan bertemu dengan menteri dalam negeri Inggris pada hari Senin.

Lam, anggota politbiro kuat Vietnam yang beranggotakan 18 orang, telah menjadi menteri keamanan publik sejak 2016 dan telah mengambil sikap keras terhadap gerakan hak asasi manusia di negara komunis itu.

Tiga tahun lalu, Presiden Venezuela Nicolas Maduro juga dikritik karena makan di cabang kelompok restoran yang sama di Turki. (AFP)

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya