Utusan AS untuk Afghanistan Dikabarkan akan Mundur

Selasa, 19/10/2021 07:01 WIB

WASHINGTON, Jurnas.com - Utusan utama Amerika Serikat (AS) untuk Afghanistan, Zalmay Khalilzad, dikabarkan akan mundur dari jabatannya saat ini.

Dikutip dari Reuters, dua sumber yang mengetahui hal itu, mengatakan, Khalilzad akan bertransisi dari perannya dan digantikan oleh wakilnya, Tom West, kurang dari dua bulan setelah AS menarik diri dari Afghanistan.

Kabar akan rencana pengunduran Khalilzad pertama kali dilaporkan CNN. Sementara itu, Khalilzad belum memberikan komentar apapun terkait keputusan tersebut.

Dia telah bertahun-tahun mempelopori dialog AS dengan Taliban, dan merupakan tokoh kunci dalam pembicaraan damai dengan kelompok itu.

Pada pertengahan Agustus, pemerintah Afghanistan yang didukung AS runtuh ketika Taliban menyapu negara itu dengan kecepatan kilat dan berbaris ke ibu kota, Kabul, tanpa perlawanan. Khalilzad dibiarkan mencari bantuan kelompok militan dalam evakuasi AS yang kacau dari Kabul.

Pejabat AS saat ini dan mantan mengatakan kepada Reuters sebelumnya bahwa dalam tiga tahun Khalilzad menjabat, ia menjadi wajah salah satu kegagalan diplomatik AS terbesar dalam ingatan baru-baru ini. (RUTERS)

TERKINI
Sekjen DPR Imbau Pegawai Setjen Optimalkan Fasilitas Taspen dan Tapera Siap Laksanakan Topping Off, Duta Indah Starhub Sediakan Promo Menarik DIDIMAX Adakan Kembali Literasi Investasi di Pasar Emas dan Forex DPR Minta Pemerintah Maksimalkan Dukungan IAEA untuk Pembangunan PLTN di Indonesia