SPD Jerman Batal Bentuk Koalisasi Pemerintahan Minggu Ini

Rabu, 29/09/2021 18:53 WIB

Berlin, Jurnas.com - Partai Sosial Demokrat (SPD) Jerman, yang menang tipis dalam pemilihan nasional, tidak akan memulai pembicaraan dengan Partai Hijau dan Demokrat Bebas (FDP) untuk membentuk koalisi pemerintahan, hingga pekan depan.

Partai Hijau dan FDP liberal, yang kerap berseberangan dalam banyak hal, mengadakan pembicaraan pendahuluan semalam untuk menemukan landasan bersama bagi kemungkinan pemerintahan koalisi dengan SPD atau konservatif.

"Saya percaya bahwa eksplorasi tidak akan dimulai sampai minggu depan atau setelahnya," kata Wolfgang Schmidt, orang kepercayaan dekat dan wakil kandidat kanselir SPD Olaf Scholz pada Rabu (29/9) dikutip dari Reuters.

Sehari sebelumnya, SPD menegaskan bahwa pihaknya berharap untuk memulai pembicaraan dengan kedua pihak minggu ini.

Schmidt menyebut pembicaraan pertama akan dimulai secara bilateral antara SPD dan perwakilan kedua partai. Selanjutnya, negosiasi koalisi antara ketiga pihak akan dimulai.

Scholz menambahkan bahwa berharap pihaknya dapat mencapai kesepakatan dengan Partai Hijau dan FDP sebelum Natal.

SPD, partai tertua di Jerman, memenangkan 25,7 persen suara, naik lima poin persentase dari pemilihan federal 2017, dan mengungguli blok konservatif CDU/CSU dengan 24,1 persen. Partai Hijau datang dengan 14,8 persen dan FDP 11,5 persen.

TERKINI
Sinergi Kementan-Kodim 1910 Malinau Tingkatkan Produksi dengan Perluas Areal Tanam Baru Kejagung Bakal Sita Aset Sandra Dewi Jika Terima Uang Korupsi Timah KPK Nonaktifkan Dua Rutan Buntut Kasus Pungli KPK Sita Rp48,5 Miliar Terkait Suap Bupati Labuhanbatu