Legislator PKB: RUU Pertembakauan Dorong Kesejahteraan Petani

Selasa, 28/09/2021 19:22 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Anggota Pansus RUU Pertembakauan Cucun Ahmad Syamsurijal meminta  agar RUU Pertembakauan segera diwujudkan. 

Menurutnya, hal ini menjadi agenda penting karena tembakau membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat di berbagai lini.

“Pemerintah harus turut andil dengan mendukung terwujudnya RUU Pertembakauan tersebut. Adanya RUU Pertembakauan ini melindungi industri tembakau dalam negeri, dimulai dari hulu hingga hilir,” kata dia saat menjadi narasumber dalam Forum Legislasi membahas ‘Menakar Urgensi Pertembakauan’ di Media Center DPR RI Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Selasa (28/9).

RUU Pertembakauan, lanjut dia, bertujuan memberikan kepastian hukum sekaligus perlindungan yang lebih baik guna meningkatkan produktivitas budidaya dan industri hasil tembakau. 

“Tidak hanya itu, RUU Pertembakauan berpotensi turut mendorong adanya kesejahteraan petani, pekerja, dan pelaku usaha dalam negeri,” kata Ketua Fraksi PKB DPR RI ini.

RUU Pertembakauan ini sebelumnya sudah dibahas oleh DPR periode sebelumnya. Bahkan sudah dbawa ke paripurna untuk disahkan. 

Namun kemudian ditolak karena ada dua versi RUU Pertembakauan. Pertama versi perlindungan kepada kepentingan dalam negeri tetapi yang satunya itu adalah kepentingan luar negeri.

 

TERKINI
KPK Sita Rp48,5 Miliar Terkait Suap Bupati Labuhanbatu KPU Siap Hadapi 297 Perkara PHPU Pileg 2024 Aktor Rio Reifan Ditangkap Kelima Kalinya di Kasus Narkoba CERI Laporkan Aspidum Kejati Jawa Timur ke Jaksa Agung Atas Dugaan Ini