Kasus COVID-19 Harian Korea Selatan Capai 3.000 untuk Pertama Kalinya

Sabtu, 25/09/2021 20:19 WIB

Seoul, Jurnas.com - Infeksi COVID-19 harian Korea Selatan mencapai 3.000 untuk pertama kalinya sebagai wabah yang dipicu oleh penyebaran liburan tiga hari minggu ini.

Sebanyak 3.273 kasus COVID-19 pada Jumat melampaui level tertinggi sebelumnya sehari sebelumnya, kata Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA), menjadikan penghitungan negara menjadi 298.402 infeksi dan 2.441 kematian.

Kasus yang ditularkan di dalam negeri menyumbang 3.245 dari infeksi baru, sementara 28 diimpor.

Lebih dari 77 persen dari yang pertama berada di Seoul dan daerah-daerah yang berdekatan dengan ibu kota, yang merupakan rumah bagi sekitar setengah dari populasi 52 juta.

"Kami memperkirakan lonjakan perjalanan selama liburan Thanksgiving, serta peningkatan kontak orang-ke-orang, bisa menjadi alasan utama peningkatan tajam," kata direktur agensi, Jeong Eun-kyeong, dikutip dari Reuters, Sabtu (25/9).

Wabah saat ini dari varian Delta yang sangat menular telah berkontribusi pada lonjakan infeksi.

Infeksi harian dapat terus melonjak selama satu atau dua minggu ke depan, tambahnya, mendesak orang untuk menunda atau membatalkan pertemuan pribadi selama periode tersebut.

KDCA mengatakan, tingkat kematian dan jumlah kasus parah tetap relatif rendah dan stabil di masing-masing 0,82 persen dan 339, dibantu oleh vaksinasi yang berfokus pada orang tua yang berisiko tinggi terkena infeksi parah.

"Jumlah tes virus corona melonjak lebih dari 50 persen menjadi 227.874 dari seminggu sebelumnya," tambahnya.

Pihak berwenang telah mendesak mereka yang kembali dari liburan untuk dites bahkan untuk gejala paling ringan yang mirip dengan COVID-19, terutama sebelum kembali bekerja.

Pada Jumat, 73,5 persen populasi telah menerima setidaknya satu dosis vaksin, dengan hampir 45 persen diinokulasi penuh.

TERKINI
KPK Nonaktifkan Dua Rutan Buntut Kasus Pungli KPK Sita Rp48,5 Miliar Terkait Suap Bupati Labuhanbatu KPU Siap Hadapi 297 Perkara PHPU Pileg 2024 Aktor Rio Reifan Ditangkap Kelima Kalinya di Kasus Narkoba