Kesaksian Irman Gusman Soal Bingkisan Memi

Selasa, 22/11/2016 16:16 WIB

Jakarta  - Mantan Ketua DPD, Irman Gusman mengira bingkisan yang diberikan Direktur CV Semesta Berjaya Xaveriandy Sutanto dan istrinya, Memi adalah suvenir khas dari Sumatera Barat. Irman mengklaim tak mengetahui jika ada uang dalam bingkisan tersebut.

Hal itu disampaikan Irman saat bersaksi dalam sidang lanjutan kasus dugaan penerimaan hadiah terkait rekomendasi kuota distribusi gula impor untuk wilayah Sumatera Barat dengan terdakwa Memi dan Xaveriandy Sutanto, di Pengadilan Tipikor Jakarta, Selasa (22/11). Sutanto dan Memi memberi bingkisian kepada Irman di kediamannya, di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan Jumat 16 September 2016 malam lalu. Belakangan baru diketahui bingkisan itu berisi uan Rp 100 juta.

Memi, kata Irman, saat itu menyampaikan jika bingkisan itu oleh-oleh. Alhasil Irman tak mengira jika ternyata isinya adalah uang. "Bu Memi bilang `ini ada oleh-oleh`. Bentuknya bungkusan. Langsung saya minta istri menyimpan di kamar," kata Irman saat bersaksi.

Setelah menerima bingkisan itu, Irman mengaku tak mengecek kembali. Katanya,  baru tahu  isinya  uang Rp100 juta dengan pecahan Rp100 ribu setelah petugas Komisi Pemberantasan Korupsi datang dan memintanya.

Saat pertama kali diberikan oleh Memi, Irman tak terpikir untuk membuka langsung bingkisan tersebut. Pasalnya, kembali disebut Irman, dirinya tak mengira jika bingkisan itu berisi uang.

"Saya tidak terpikir Yang Mulia (untuk buka). Karena dia (Memi) teman baik saya, saya kira itu suvenir khas dari Sumatera Barat," ucap Irman.

Dalam kesaksiannya, Irman mengatakan jika Memi dan suaminya itu datang sudah larut malam. Irman  sempat membicarakan soal kelangkaan gula di Sumbar karena harga melonjak tinggi dalam pertemuan itu. Nah beberapa saat sebelum berpamitan pulang, Memi kemudian memberi oleh-oleh bingkisan itu.

"Karena sudah larut mereka mau pamit, mereka menyampaikan ini ada oleh-oleh dalam bentuk bungkusan. Karena sudah malam saya tidak perhatikan detail. Saya kan berbaik sangka saja, suvenir atau apa dari Sumbar," papar Irman.‎

TERKINI
Sinergi Kementan-Kodim 1910 Malinau Tingkatkan Produksi dengan Perluas Areal Tanam Baru Kejagung Bakal Sita Aset Sandra Dewi Jika Terima Uang Korupsi Timah KPK Nonaktifkan Dua Rutan Buntut Kasus Pungli KPK Sita Rp48,5 Miliar Terkait Suap Bupati Labuhanbatu