Kapal Pengayoman IV Tenggelam di Perairan Nusakambangan, 2 Orang Meninggal

Jum'at, 17/09/2021 13:00 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Kapal Motor Penumpang (KMP) Pengayoman IV tenggelam di perairan Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah Jumat (17/9) pagi. Dua orang meninggal dunia dalam peristiwa tersebut, yakni petugas lembaga pemasyarakatan (lapas) dan pekerja proyek.

"Dua orang meninggal, yakni petugas lapas dan pekerja proyek," kata Kabag Humas pada Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama Kementerian Hukum HAM, Tubagus Erif Faturahman saat dikonfirmasi.

Sementara empat orang lainnya selamat dan berhasil dievakuasi. Salah satunya nahkoda kapal, P. Toro yang merupakan pegawai Lapas Batu.

Peristiwa ini bermula saat Kapal Pengayoman IV berangkat dari dermaga Wijayapura menuju Dermaga Sodong untuk mengangkut dua truk proyek dan beberapa petugas sekitar pukul 09.00 WIB. Di tengah perjalanan kapal mulai oleng karena angin kencang dan ombak yang besar dan kuat.

"Kapal Pengayoman tenggelam dan terbawa arus menuju ke tengah selat," katanya.

Saat ini, Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan tengah menuju Nusakambangan guna melakukan koordinasi dan monitor pelaksanaan penanganan dengan Kepala Kantor Wilayah Jawa Tengah.

"Sesuai dengan laporan awal Kalapas 1 Batu NK, langkah-langkah yang telah diambil sebagai berikut, mengerahkan kapal pengayoman dan compreng untuk membantu evakuasi, berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk membantu evakuasi dan pertolongan," katanya.

Dikonfirmasi terpisah mengenai peristiwa ini, Kabag Humas dan Protokol Ditjenpas Kemkumham, Rika Aprianti membenarkan informasi tersebut.

"Betul," katanya.

TERKINI
Sinergi Kementan-Kodim 1910 Malinau Tingkatkan Produksi dengan Perluas Areal Tanam Baru Kejagung Bakal Sita Aset Sandra Dewi Jika Terima Uang Korupsi Timah KPK Nonaktifkan Dua Rutan Buntut Kasus Pungli KPK Sita Rp48,5 Miliar Terkait Suap Bupati Labuhanbatu