Korut Ancam Uji Coba Rudal Nuklir, Tiga Negara Merapat

Selasa, 14/09/2021 10:50 WIB

Tokyo, Jurnas.com - Utusan nuklir terkemuka dari Jepang, Amerika Serikat, dan Korea Selatan mengadakan pembicaraan di Tokyo pada Selasa (14/9) ini, untuk membahas pengendalian program rudal dan nuklir Korea Utara.

Pertemuan ini digelar sehari setelah Pyongyang mengumumkan bakal melakukan rencana jangka panjang baru uji coba rudal jarak jauh.

"Perkembangan terakhir di DPRK adalah pengingat akan pentingnya komunikasi dan kerja sama yang erat dari ketiga negara," kata Sung Kim, utusan khusus AS untuk Korea Utara dalam sambutan pembukaannya dikutip dari Reuters.

Ketiga negara juga membahas cara untuk memecahkan kebuntuan dengan Korea Utara mengenai senjata nuklir dan program rudal balistiknya, yang telah menarik sanksi internasional.

Dalam pertemuan dengan sejawatnya dari Jepang, Takehiro Funakoshi, dan wakil Korea Selatan Noh Kyu-duk, Kim mengatakan Washington tetap terbuka untuk diplomasi menangani masalah Korea Utara.

Gedung Putih mengklaim masih siap untuk terlibat dengan Pyongyang, meskipun uji coba rudal baru-baru ini, tetapi pemerintahan Presiden AS Joe Biden tidak menunjukkan kesediaan untuk melonggarkan sanksi.

Pyongyang mengatakan tidak melihat tanda-tanda perubahan kebijakan dari Amerika Serikat, mengutip isu-isu seperti sanksi serta latihan militer bersama dengan Korea Selatan, yang dikatakan sebagai persiapan untuk serangan.

Sementara Washington adalah sekutu dekat militer dan ekonomi Jepang dan Korea Selatan, hubungan antara tetangga Asia sering tegang karena masalah termasuk sengketa kedaulatan, pendudukan Jepang 1910-45 di semenanjung Korea, dan sejarah masa perang mereka.

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih