https://www.jurnas.com/images/img/conf-Jurnas_11.jpg
Beranda News Ekonomi Ototekno Gaya Hidup Hiburan Olahraga Humanika Warta MPR Kabar Desa Terkini

PKB Senayan Minta Pemerintah Buat Program Manfaat untuk Anak Yatim Akibat Covid-19

Samrut Lellolsima | Senin, 23/08/2021 16:19 WIB

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Marwan Dasopang menyatakan bahwa dampak pandemi Covid-19 telah mengubah berbagai aspek kehidupan, termasuk bagi anak-anak.  Wakil Ketua Komisi VIII DPR, Marwan Dasopang. (Foto: Parlementaria)

Jakarta, Jurnas.com - Data Satgas Penanganan Covid-19 menunjukkan, per 20 Juli 2021 ada 11.045 anak menjadi yatim piatu, yatim atau piatu akibat pandemi Covid-19. 

Pada sisi lain jumlah anak yang terpapar Covid-19 sebanyak 350.000 anak dan 777 anak meninggal dunia. Tingkat risiko anak sangat tinggi untuk terpapar Covid-19. 

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Marwan Dasopang menyatakan bahwa dampak pandemi Covid-19 telah mengubah berbagai aspek kehidupan, termasuk bagi anak-anak. 

Baca juga :
UU TPKS Hindari Potensi APH Jadikan Korban Alami Kekerasan Seksual Berulang

Selain ketakutan akan terpapar Covid-19, anak-anak juga kerap berpotensi kehilangan orang tua mereka yang meninggal akibat Covid-19.

“Berdasarkan data yang dihimpun dari Satgas Penanganagan Covid-19 banyak anak-anak yang kehilangan orang tuanya akibat Covid-19, tentunya ini akan berdampak buruk pada tumbuh kembang anak nantinya kita disini ingin pertanyakan langsung program apa yang dibuat KemenPPPA untuk menangani masalah tersebut,” terang Marwan saat Rapat Kerja Komisi VIII DPR RI dengan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Senin (23/8).

Baca juga :
Pimpinan DPR Harap MK Dengar Aspirasi Rakyat Soal Sistem Pemilu 2024

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengatakan, permasalahan anak-anak yang ditinggalkan orang terdekat akibat Covid-19 masuk dalam ruang lingkup dua kementerian dan satu lembaga negara sekaligus, di antaranya Kementerian Sosial, KemenPPPA dan BNPB. 

Ia menyampaikan seluruh pihak terkait harus bekerja sama saling membantu membuat suatu program yang signifikan dalam menangani permasalahannya.

Baca juga :
Airlangga Bertemu Muhaimin, Dasco: Kita juga Sering Banget Ketemu

“Permasalahan ini termasuk dalam ruang lingkup BNPB, Kemensos dan KemenPPPA nanti kita di Komisi VIII akan menanyakan langsung program yang dibuat dari BNPB dan Kemensos terkait masalah anak-anak yatim tersebut masalah ini harus ditanggapi secara serius karena menyangkut masa depan penerus bangsa,” sebut legislator dapil Sumatra Utara II. 

(Samrut Lellolsima )
KEYWORD :

Warta DPR Komisi VIII DPR PKB Marwan Dasopang Anak Yatim Covid-19