https://www.jurnas.com/images/img/conf-Jurnas_11.jpg
Beranda News Ekonomi Ototekno Gaya Hidup Hiburan Olahraga Humanika Warta MPR Kabar Desa Terkini

Bertemu Gus AMI, Youtuber 1,8 Juta Subscribers Kisahkan Suka Duka TKI di Arab Saudi

M Sahlan | Sabtu, 19/06/2021 01:01 WIB

Puas Berdiskusi dengan Gus AMI Abdul Muhaimin Iskandar (Gus AMI) dan Youtuber Alman Mulyana

Jakarta, Jurnas.com – Kisah penuh lika-liku seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau Tenaga Kerja Indobesia (TKI) di Arab Saudi menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmat media sosial youtube.

Seorang youtuber muda Indonesia, Alman Mulyana melajukan pertemuan santai dengan Wakil Ketua DPR Bidang Korkesra Abdul Muhaimin Iskandar (Gus AMI).

Alman adalah konten kreator youtube yang dikenal dengan tayangan seputar kehidupan Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau Tenaga Kerja Indobesia (TKI) di Arab Saudi.

Baca juga :
Arab Saudi Berminat Impor Minyak Goreng dari Indonesia

Alman Mulyana yang juga PMI sangat dikenal publik berkat jumlah subscriber youtube mencapai 1,8 juta. Ia bersama istri datang menemui Gus AMI di Gedung Parlemen, Rabu (16/6/2021).

Alman pun mengunggah video pertemuannya dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu di channel Youtube-nya @almanmulyana.

Baca juga :
Airlangga Bertemu Muhaimin, Dasco: Kita juga Sering Banget Ketemu

Baru sekitar 8 jam diunggah, videonya sudah ditonton lebih dari 56 ribu orang dan disukai 12 ribuan kali.

"Kita gaes, kapan lagi ngobrol sama Wakil Ketua DPR RI sambil santuy kayak gini, membahas tentang permasalahan para TKI,” kata Alman mengawali pembicaraan dalam video pertemuannya dengan Gus AMI.

Baca juga :
Ini Alasan Jamu Herbal Indonesia Diminati Arab Saudi

Alman terlihat sangat menikmati pertemuan dengan Gus AMI. ”Tabarokallah, aduh gaes, masyarakat. Saya ketemu sama Pak Muhaimin yang biasanya saya melihat bapak di layar televisi, sekarang bisa melihat langsung bapak di Gedung DPR,” ungkapnya.

Gus AMI mengatakan, ”Saya juga senang ketemu Alman Mulyana yang luar biasa banyak yang kenal,” katanya.

Alman Mulyana kemudian memperkenalkan kembali sosok Gus Muhaimin kepada para subscribers-nya.

”Kalau yang belum hafal sih keterlaluan. Mungkin yang belum hafal Pak Muhaimin itu siapa, dulu waktu zaman Pak SBY (Presiden), beliau ini pernah menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja. Nah makanya sata tertarik datang ke sini,” tuturnya.

Pria asal Jawa Barat ini kemudian menceritakan saat ini para TKI di Arab Saudi sudah banyak mengalami kemajuan. Bahkan, tidak sedikit yang kini juga menjadi youtuber seperti dirinya.

Sebelum kini subscribe-nya mencapai lebih dari 1,8 juta, Alman Mulyana mulai aktif menjadi youtuber sejak akhir 2017. Mulanya dia banyak mengupas suka duka kehidupan TKI di Arab Saudi.

”Menariknya, saking banyaknya para calon TKW, mereka yang men-DM (mengirim pesan) ke saya itu ribuan orang. Mereka bilang, ‘Bang, kerja di Arab itu enak kayaknya, bisa ke Madinah, ke Makkah,” katanya menirukan pesan yang disampaikan para subscriber-nya.

Selain mengunggah video seputar suka duka TKI, Alman juga banyak mengupas kehidupan dan budaya orang-orang di Arab. Kepada Gus AMI, Alman Mulyana juga menceritakan awal mula dirinya menjadi TKI di Arab Saudi.

”Pertama kalinya bekerja sebagai TKI, perjalanan saya itu luar biasa. Tahun 2004 akhir ketika Pak SBY terpilih sebagai presiden, itu pas tsunami (di Aceh), disambut orang sana, penasaran karena dahsyatnya tsunami. Saya pas bencana alam itu esok lagi sampai disana,” katanya.

Dia mengaku sama sekali tidak kebayang akan menjadi youtuber sukses seperti sekarang. Boro-boro mikirkan YouTube, mikirkan tentang keluarga saja sudah jenuh, campur aduk karena hidup berjauhan.

"Ketika membicarakan saya jadi TKI di sana, saya itu pingin nangis, banyak dukanya karena untuk mendapatkan Rp10 juta saja kerja di Arab Saudi itu berat,” ungkapnya.

Namun salah satu keuntungan bekerja di Arab Saudi adalah bisa beribadah ke Masjidil Haram, malaksanakan ibadah umrah dan haji.

"Itupun harus teman-teman ketahui tidak semua orang Arab mengizinkan pekerjanya umrah tiap minggu. Haji juga belum tentu. Tidak semudah yang kita bayangkan,” tuturnya.

Beberapa menit ngobrol dengan Gus AMI, Alman mengaku sangat terkesan dengan sosok ketua umum PKB yang juga santri itu.

"Sambal santai, ternyata Pak Muhaimin ini orangnya mantab. Nah jadi saya sekalian mau nanya-nanya nih, sebagai orang yang duduk sebagai Wakil Ketua DPR RI, saya mau nanya tentang hobi di balik perkajaan bapak,” tanya Alman.

Gus AMI pun mengaku dulu ketika masih muda, dia memiliki banyak hobi. Salah satunya hobi naik motor, khususnya Vespa. Dan kini ketika musim pandemi ia lebih hobi bersepeda.

Dan ngomong-ngomong soal TKI, Gus AMI menyebut mereka semacam denyut kehidupan. Yang di sini butuh pekerjaan, di sana menyediakan penghasilan yang lumayan. "Tapi pasti banyak tantangan yang tidak mudah,” sahut Gus AMI.

Mantan Menteri Tenaga Kerja di periode kedua Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini kemudian menceritakan soal TKI yang dulunya secara natural keberangkatannya seperti pasar, yakni ada permintaan ada penawaran.

"Jumlahnya menjadi semakin besar, tidak ada yang diatur, semua bebas,” kata cucu salah satu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Bisri Syansuri ini.

(M Sahlan)
KEYWORD :

Alman Mulyana youtuber Gus AMI Abdul Muhaimin Iskandar Arab Saudi PKB