https://www.jurnas.com/images/img/conf-Jurnas_11.jpg
Beranda News Ekonomi Ototekno Gaya Hidup Hiburan Olahraga Humanika Warta MPR Kabar Desa Terkini

Hari Buku Nasional, Dasco Minta Pemerintah Permudah Akses Literasi Masyarakat

Marlen Sitompul | Senin, 17/05/2021 21:07 WIB


Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad, meminta kepada pemerintah agar mempermudah akses literasi masyarakat. Pasalnya, masih banyak masyarakat yang kesulitan mengakses buku.
Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad

Jakarta, Jurnas.com - Minat membaca masyarakat Indonesia masih terbilang rendah. Bahkan, UNESCO pernah merilis, bahwa tingkat membaca masyarakat Indonesia hanya 0,001 persen. Artinya, dari 1.000 orang hanya 1 yang minat membacanya baik.

Bahkan, dalam riset bertajuk World’s Most Literate Nations Ranked yang dilakukan oleh Central Connecticut State Univesity (CCSU) pada Maret 2016, Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat membaca. Kalah dari negara tetangga seperti Malaysia, Vietnam, Singapura dan Thailand.

Menyikapi hal tersebut, Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad, meminta kepada pemerintah agar mempermudah akses literasi masyarakat. Pasalnya, masih banyak masyarakat yang kesulitan mengakses buku.

Baca juga :
DPR Minta Kejagung Fokus Telusuri Aliran Uang Korupsi Plate

"Masyarakat kita terutama di daerah masih sulit untuk mengakses buku. Karena itu pemerintah perlu mempermudah agar masyarakat minat bacanya bisa meningkat," kata Dasco, dalam rangka memperingati Hari Buku Nasional yang jatuh pada hari ini, Senin (17/5).

Kendati saat ini sarana membaca sudah banyak mengalami migrasi dari buku ke internet (e-book), namun lagi-lagi hal tersebut terbentur dengan akses serta kemampuan masyarakat.

Baca juga :
Indonesia dan Kroasia Pererat Jalinan Persahabatan dan Kerjasama

"Banyak cara untuk mempermudah literasi. Hapus pajak buku agar lebih murah, perbanyak perpustakaan bila perlu hingga tiap desa. Makin mudah akses, makin tinggi juga minat literasi publik. Karena pada dasarnya masyarakat kita rasa ingin tahunya cukup besar," tandasnya.

Di momen Hari Buku Nasional ini, Politisi Partai Gerindra ini mengajak ke semua elemen masyarakat agar terus meningkatkan minat membaca. Dengan demikian indeks pembangunan manusia Indonesia pun dapat meningkat.

Baca juga :
APBN Surplus, Banggar DPR Apresiasi Kerja Keras Pegawai Pajak

"Semakin cerdas rakyatnya, semakin maju negaranya. Dan pemerintah harus berusaha meningkatkan minat membaca publik, karena salah satu mandat Undang-Undang adalah mencerdaskan anak Bangsa," demikian pungkas pria yang juga menjabat Rektor Universitas Kebangsaan Republik Indonesia ini.

(Marlen Sitompul)
KEYWORD :

Warta DPR Pimpinan DPR Sufmi Dasco Ahmad Hari Buku Nasional