https://www.jurnas.com/images/img/conf-Jurnas_11.jpg
Beranda News Ekonomi Ototekno Gaya Hidup Hiburan Olahraga Humanika Warta MPR Kabar Desa Terkini

Eropa Peringatkan Iran Perihal Nasib Pakta Nuklir Usai Perkaya Uranium

Supianto | Rabu, 14/04/2021 20:00 WIB

Suar gas di platform produksi minyak di Iran [REUTERS / Raheb Homavandi /]

Paris, Jurnas.com -  Angota kesepakatan nuklir Iran dari Eropa mengatakan kepada Teheran pada Rabu, keputusannya untuk memperkaya uranium dengan kemurnian 60% dan memasang 1.000 sentrifugal lebih lanjut di situs Natanz bertentangan dengan upaya menghidupkan kembali kesepakatan nuklir 2015.

Pembicaraan antara kekuatan dunia, Iran dan Amerika Serikat akan dilanjutkan di Wina pada Kamis, tetapi dalam pernyataan bersama Inggris, Prancis dan Jerman mengatakan keputusan Teheran untuk memperkaya 60 persen tidak didasarkan pada alasan sipil yang kredibel dan merupakan langkah penting dalam produksi senjata nuklir.

"Pengumuman Iran sangat disesalkan mengingat itu datang pada saat semua peserta JCPoA (Rencana Aksi Komprehensif Bersama) dan Amerika Serikat telah memulai diskusi substantif, dengan tujuan menemukan solusi diplomatik cepat untuk merevitalisasi dan memulihkan JCPoA," kata tiga negara.

Baca juga :
Swedia Jadi Jalan Turki "Balas Dendam" ke Uni Eropa

"Komunikasi berbahaya Iran baru-baru ini bertentangan dengan semangat konstruktif dan niat baik dari diskusi ini."

Teheran mengatakan keputusannya diambil setelah musuh bebuyutan Israel menyabotase situs nuklir utamanya, Natanz, Minggu.

Baca juga :
Enam Kementerian dan Lembaga Gunakan Hasil Pemutakhiran Pendataan Keluarga BKKBN

"Mengingat perkembangan terakhir, kami menolak semua langkah eskalasi oleh aktor mana pun, dan kami menyerukan kepada Iran untuk tidak mempersulit proses diplomatik lebih jauh," kata E3. (Eropa)

Baca juga :
Korea Utara Kecam Langkah AS Bawa Kapal Selam Rudal Balistik ke Semenanjung
(Supianto)
KEYWORD :

Pakta Nuklir Iran Amerika Serikat Eropa